ANALISIS PENERIMAAN PAJAK REKLAME SEBAGAI SALAH SATU SUMBER PENDAPATAN ASLI DAERAH KOTA BINJAI PADA BADAN PENGELOLAAN KEAUNGAN, PENDAPATAN DAN ASET DAERAHN KOTA BINJAI

Abdul Wahab Matondang SE, M,Si

Abstract


Dinas Pendapatan Daerah Kota Binjai atau yang sekarang berganti nama menjadi Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah. Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah merupakan Badan mengurus tentang keuangan pajak daerah di kota Binjai. Badan Pengelolaan keuangan daerah kota Binjai adalah Badan yang mengurus tentang keuangan pajak daerah di kota Binjai. Salah satu pajak daerah yang di pungut oleh Pemerintahan Kota Binjai adalah pajak Reklame. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui dan menganalisis bagaimana pengelolaan yang telah dilakukan oleh pihak Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai untuk pajak reklame pada tahun 2014 s/d 2017.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menginterpretasikan dan menganalisis data dengan melakukan perbandingan antara teori dengan data objektif yang terjadi sehingga memberikan gambaran yang lengkap tentang permasalahan penelitian.

Hasil dari analisis penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan yang dilakukan oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai belum cukup efektif. Karena masih terdapatnya kendala-kendala yang dialami oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai dalam melakukan pelaksanaan pemungutan pajak reklame yang disebabkan oleh wajib pajak. Hal ini terlihat bahwa masih banyaknya papan-papan reklame Pilkada di Kota Binjai yang tidak membayar dan melaporkan pemasangan reklamenya kepada Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai.

Hal inilah yang menyebabkan realisasi penerimaan pajak reklame di Kota Binjai selama tahun 2014 s/d 2017 tidak pernah mencapai target yang telah ditetapkan oleh Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Kota Binjai.

Keywords


Pengelolaan, Pajak Reklame

Full Text:

Untitled

References


Aristanti Widyaningsih (2007). Analisis Potensi Penerimaan Pajak Reklame Kota Bandung Periode Tahun 2001-2007. Jurnal Fakultas Ekonomi. Vol. 4 No. 1 Juni 2009 : 1-12

Dwita Tiurlina Sari Sirait (2016). Analisis Pengawasan Penerimaan Pajak Reklame Pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Krishna Yuliadi (2017). Analisis Kontribusi Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Di Kota Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis, 2017, 5 (4): 1141-1155

Mardiasmo (2011). Perpajakan Edisi Revisi Yogyakarta:Andi Yogyakarta

Peraturan Daerah Kota Binjai No 3 Tahun 2011 Tentang Pajak Daerah Kota Binjai

Peraturan Daerah Binjai Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Pajak Reklame

Siti Resmi (2011) Perpajakan Teoro dan Kasus Edisi (6) Yogyakarta : Salemba Empat

Taufan Sufatriansa Awal (2017). Analisis Pajak Reklame Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Kendari. Skripsi Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Halu Oleo, Kendari.

Waluyo (2011) Perpajakan Indonesia Edisi (10) Jakarta:Salemba Empat

Yosofat Mustikoarto (2009). Analisis Penerimaan Pajak Hotel Sebagai Komponen Pendapatan Asli Daerah Dalam Otonomi Daerah Kota Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.