ANALISA TIDAK LINEAR STRUKTUR BETON: DARI SEISMOLOGI SAMPAI PEMODELAN STRUKTUR

Ade Faisal, Ph.D

Abstract


Penggunaan analisa tidak linear semakin sering dilakukan di dunia khususnya dalam hal evaluasi struktur bangunan lama. Untuk itu memahami cara untuk melakukan analisa tidak linear secara baik adalah sangat perlu. Apalagi peta zona gempa terbaru di Indonesia telah diberlakukan. Hal ini memaksa kita untuk kembali memastikan apakah gedung yang kita tempati masih aman dari bahaya gempa melalui analisa tidak linear. Tulisan ini mengulas secara ringkas perkembangan dalam analisa tidak linear untuk struktur beton yang dimulai dari getaran akibat gempa dari perspektif seismologi sampai dengan pemodelan struktur secara tidak linear tidak elastis.

Keywords


analisa tidak linear, struktur beton, rekayasa kegempaan

Full Text:

PDF

References


Kalkan, E, dan Kunnath, S K (2006) Effects of fling step and forward directivity on seismic response of buildings. Earthquake Spectra, 22, 367-390.

Stewart, JP, Chiou, SJ, Bray, JD, Graves, R W, Somerville, PG, dan Abrahamson, N A (2002) Ground motion evaluation procedures for performance-based design. Soil dynamics and earthquake engineering, 22(9), 765-772.

Katsanos, E I, Sextos, A G, dan Manolis, G D (2010) Selection of earthquake ground motion records: A state-of-the-art review from a structural engineering perspective. Soil Dynamics and Earthquake Engineering, 30( 4 ), 157-169.

Hancock J J, Watson-Lamprey J, Abrahamson N A, Bommer J J, Markatis A, McCoy E, Mendis R (2006) An improved method of matching response spectra of recorded earthquake ground motion using wavelets. Journal of Earthquake Engineering, 10(1), 67-89.

Vamvatsikos, D dan Cornell, CA (2002) Incremental dynamic analysis. Earthquake Engineering and Structural Dynamics, 31(3), 491-514.

Elnashai, A S, dan Di Sarno, L (2008) Fundamentals of earthquake engineering.

Pinho, R (2007) Nonlinear dynamic analysis of structures subjected to seismic action. In Advanced Earthquake Engineering Analysis, A. Pecker (Editor). New York: Springer.

Fardis, M N (2009) Seismic design, assessment and retrofitting of concrete buildings. New York: Springer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.