ANALISIS RESPON BANGUNAN GEDUNG LIMA LANTAI MENGGUNAKAN BASE ISOLATOR DI KOTA PADANG

Ade Faisal, Ph.D

Abstract


Gempa bumi merupakan suatu fenomena alam yang tidak dapat dielakkan oleh manusia yang mana kejadian itu mengakibatkan kerugian material dan korban jiwa.Akibat yang ditimbulkan tersebut kebanyakan terjadi oleh kerusakan dan runtuhnya suatu bangunan.Teknologi yang dikembangkan pada pondasi belakangan ini sangat berpengaruh untuk meminimalisir keruntuhan suatu struktur bangunan akibat gempa bumi.Isolasi Dasar merupakan terobosan teknologi yang mutakhir yang diletakkan pada pondasi yang berfungsi mengurangi efek dari gempa bumi.Kekakuan pada struktur juga mempengaruhi ketahanan bangunan dari kerusakan dan keruntuhan.Dinding bata berfungsi meningkatkan kekakuan suatu stuktur bangunan.Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan respon struktur bangunan yang menggunakan teknologi isolasi dasar dan fixed base. Parameter yang ditinjau yaitu periode alami (T), gaya geser (V), dan simpangan (?). Analisis yang dipakai adalah analisis statik ekivalen dan analisis respon spektrum. Terdapat 4 model yang menjadi bahan perbandingan, yaitu struktur bangunan fixed base tanpa dinding bata, fixed base dengan dinding bata, isolasi dasar tanpa dinding bata, dan isolasi dasar dengan dinding bata.

Keywords


Gempa Bumi, Isolasi Dasar, Kekakuan, Teknologi Pondasi, Dinding Bata

Full Text:

PDF

References


Aryanto, A., 2008, Kinerja Portal Beton Bertulang dengan Dinding Pengisi Bata Ringan terhadap Beban Gempa,Tesis Magister, Institusi Teknologi Bandung, Bandung.

Asteris, P.G., 2003, Lateral Stiffness of Brick Masonary

Infilled Planed Frame,Journal of Struktural Engineering, ASCE, 129(8), 1071-1079.

Badan Standarisasi Nasional, 2012,Tata Cara Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non Gedung (SNI-1726-2012), BSN, Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional, 2013,Beban Minimum Untuk

Perancangan Bangunan Gedung dan Struktur Lain (SNI-1727-2013), BSN, Jakarta.

Badan Standarisasi Nasional, 2013,Persyaratan Beton Struktural untuk bangunan gedung (SNI-2847-2013), BSN, Jakarta.

Budiono, B. dan Setiawan, A., 2014, Studi Komparasi Sistem Isolasi Dasar High-Damping Rubber Bearing dan Friction Pendulum System pada Bangunan Beton Bertulang,Jurnal Teknik Sipil, Vol.21 (3), hal.180-181.

Budiono, B. dan Supriatna, L., 2011,Studi Komparasi

Desain Bangunan Tahan Gempa,Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Day, R.W., 1999,Geothechnical and Fondation Engineering Design and Construction, The McGraw-Hill Companies, Inc, United State of America.

Departemen Pekerjaan Umum, 1987,Pedoman Perencanaan Pembebanan Untuk Rumah dan Gedung(PPPURG),Yayasan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta.

Farisi, M.A. dan Budiono, R.B., 2015, Design And Analysis of Base Isolated Structures,Institute Teknologi Bandung, Bandung.

Gifars, F., 2014, Pengertian dan Penjelasan Gempa Bumi,

Ilmu sains.

Hart, G.C. dan Wong, K., 2000, Structural Dynamics for

Structural Engineers,John Wiley & Sons, Inc,United State of America.

Mayes, R.L. dan Naeim, F., 2000, Design of Structures with

Seismic Isolation, California (LA).

Muliadi, & Arifuddin, M., & Aulia, T.B., 2014, Analisi Respon Bangunan Menggunakan Isolasi Dasar Sebagai Pereduksi Beban Gempa Di Wilayah Gempa Kuat, Jurnal Teknik Sipil, Vol.3 (2), hal.109-118.

Parinduri, B.S.M., 2013, Evalusi Daktalitas Pada Bangunan Rumah Toko di Kota Medan Terkait dengan Peraturan Gempa 2012,Laporan Tugas Akhir,Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.Medan.

Riza, M.M., 2010,Aplikasi Perencanaan Struktur Gedung

dengan ETABS, ARS GROUP.

Strein, T., 2014,Base isolation system of lead-rubber

bearings,https://prezi.com, diakses 9 oktober 2015. Tumilar, S., 2015,Contoh Analisis Gedung 4 Lantai di

Banda Aceh, Medan.

Widjanarko, A., 2006,Pedoman Teknis Rumah dan Bangunan Gedung Tahan Gempa dilengkapi dengan Metode dan Cara Perbaikan Kerusakan,Direktorat Jenderal Cipta Karya - Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Young, K., 1975,Geology The Paredox of Earth and Man, Houghton Mifflin Company, United State of America.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.