UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING SEKOLAH MELALUI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Abstract
Dewasa ini, persaingan antarsekolah semakin atraktif. Pemasaran untuk lembaga pendidikan mutlak diperlukan. Sekolah sebagai lembaga penyedia jasa pendidikan perlu belajar dan memiliki inisiatif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan (siswa) karena pendidikan merupakan proses sirkuler yang saling mempengaruhi dan berkelanjutan. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran jasa pendidikan untuk memenangkan kompetisi antar sekolah serta untuk meningkatkan akselerasi peningkatan kualitas dan profesionalisme manajemen sekolah. Salah satu strategi pemasaran jasa pendidikan disebut 4P, yaitu: produk (Product), lokasi (Place), harga (Price), dan promosi (Promotion). Dengan penerapan strategi ini, pemarasan jasa pendidikan tepat kepada sasaran/ pelanggan.
Keywords
Daya saing sekolah, Pemasaran jasa pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Assen, Marcel Van., Berg, Gerben Van Den, dan Pietersma, Paul. 2009. Key Management
Models. United Kingdom: Prentice Hall
Kotler, Philip. Amstrong, Gary. 1997. Principles of Marketing. Singapore: Prentice Hall
International Editions
Lovelock, Christopher, 2004. Service Marketing and Management. New Jersey: Prentice
Hall
Munir, A.A.S. 1991. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama
Siagian, Sondang P. 1998. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
Stanton, William J. 2003. Fundamentals of Marketing. Singapore: McGraw-Hill Internasional
Refbacks
- There are currently no refbacks.