UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDIK (GURU)

Salim Aktar

Abstract


Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Upaya peningkatan mutu pendidikan dipengaruhi oleh faktor majemuk. Faktor yang satu saling berpengaruh terhadap faktor yang lainnya. Namun demikian, faktor yang paling penting adalah guru, karena hitam-putihnya proses belajar mengajar di dalam kelas banyak dipengaruhi oleh mutu gurunya. Guru dikenal sebagai 'hidden curriculum' atau kurikulum tersembunyi, karena sikap dan tingkah laku, penampilan profesional, kemampuan individual, dan apa saja yang melekat pada pribadi sang guru, akan diterima oleh peserta didiknya sebagai rambu-rambu untuk diteladani atau dijadikan bahan pembelajaran. Bagi sebagian besar orangtua siswa, sosok pendidik atau guru masih dipandang sebagai wakil orangtua ketika anak-anaknya tidak berada di dalam keluarga.

Keywords


Mutu dan Pendidik (Guru)

Full Text:

PDF

References


Anwar, Idochi dan Yayat Hidayat Amir. 2000. Administrasi Pendidikan, Teori, Konsep, &

Issu. Program Pasca Sarjana UPI

Arcaro, Jerome S. 2005. Pendidikan Berbasis Mutu. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Atmodiwirio, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: Ardadizya Jaya Buchori, Mochtar. 1995. Transformasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan

Danim, Sudarwan. 2002. Inovasi Pendidikan dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme

Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia

Engkoswara. 2002. Lembaga Pendidikan sebagai Pusat Pembudayaan, Cetakan Pertama.

Bandung: Yayasan Amal Keluarga

Hamalik, Oemar. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi

Aksara

Ibrahim Bafadal. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi

Aksara

Jalal, Fasli. 2005. Profesionalisasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Pembangunan SDM Berkualitas di Era Globalisasi. Presentasi Seminar, Bukittinggi

Kamars, D. 2005. Administrasi Pendidikan, Teori dan Praktek. Padang: Universitas Putra

Indonesia Press

N.K, Roestiyah. 1989. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara

Rivai dan Murni. 2005. Educational Management, Analisis Teori dan Praktek. Jakarta:

Rajawali Press

Robbin, Stephen P., dan Tomothy A Judge. 2007. Organizational Behavior, 12th edition,

New Jersey: Prentice Hall

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat

dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media

Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung:

Alfabeta

Samana, A. 1994. Profesionalisme Keguruan. Yogyakarta: Kanisius

Syafarudin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan. Jakarta: Grasindo

Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta:

Sinar Grafika

Uzer Usman, Moch. 2005. Menjadi Guru Profesional.Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.