ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI USAHA KECIL MENENGAH DALAM PELAPORAN KEWAJIBAN PERPAJAKAN DI KOTA MEDAN

Zulia Hanum SE,M.Si

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan wajib pajak tentang pajak terhadap pelaporan kewajiban perpajakan. Untuk mengetahui pengaruh pemahaman wajib pajak tentang peraturan perpajakan terhadap pelaporan kewajiban perpajakan. Untuk mengetahui pengaruh manfaat yang dirasakan wajib pajak terhadap pelaporan kewajiban perpajakan. Untuk mengetahui pengaruh sikap optimis wajib pajak pada pajak terhadap pelaporan kewajiban perpajakan.

Data bersumber dari hasil kuesioner yang dibagikan ke responden. Merode analisa data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah metode analisa kuantitatif dengan rumus regresi berganda, uji F, Uji T dan uji Determinasi.

Hasil pembahasan diketahui bahwa yang paling besar pengaruhnya terhadap pelaporan kewajiban perpajakan pada di kota Medan adalah nilai pemahaman tentang peraturan perpajakan sebesar 0,501 kemudian diikuti oleh menfaat yang dirasakan wajib pajak sebesar 0,425 dan pengetahuan wajib pajak sebesar 0,045 sedangkan sikap optimis wajib pajak memiliki nilai yang negative yaitu sebesar 0,002. Hasil uji F Diketahui bahwa nilai F176,247 dengan probolitas sig 0,000 < ?0,05, berarti H0 ditolak dan Ha diterima yang menunujukkan ada pengaruh pengetahuan wajib pajak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.