PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN LONG TERM DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN. (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)

Julita .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Long Term Debt To Equity Ratio secara simultan terhadap Profitabilitas Perusahaan yang diukur dengan Return On Equity (ROE). (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) yang diteliti mulai tahun 2008 - 2012.

 Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar DiBursa Efek Indonesia, dan sampel yang digunakan untuk melakukan penelitian ini sebanyak 6 perusahaan. Periode pengamatan dilakukan selama 5 tahun yaitu dimulai dari tahun 2008 sampai tahun 2012. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh langsung berupa laporan keuangan yang diperoleh disitus www.idx.co.id. Tehnik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis statistik yaitu: analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan SPSS 18.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial debt to equity ratio tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on equity pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan nilai signifikansi sebesar 0,461, dan Secara parsial longterm debt to equity ratio memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on equity pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan nilai signifikansi sebesar 0,009. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio dan longterm debt to equity ratio secara serempak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on equity pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan nilai signifikansi korelasinya sebesar 0,000.


Full Text:

PDF