Identifikasi Komoditas dan Jenis Usaha Unggulan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Rangka Peningkatan Perekonomian Daerah Kota Tanjung Balai

Ir. Gustina Siregar, Desi Novita

Abstract


Usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam perekonomian memiliki peran yang penting dan strategis. Pembinaan dan pengembangan UMKM merupakan suatu keharusan dalam rangka penignkatan perekonomian daerah. Mengingat ragam dan rentang usaha UMKM bervariasi baik jumlah maupun luas cakupan yang hampir berada pada semua sektor ekonomi sehingga muncul permasalahan pengelolaan UMKM yang tidak fokus pada komoditas dan jenis usaha yang potensial. Kondisi ini dapat berdampak pada pembinaan dan pengembangan dan jenis usaha unggulan yang perlu dan dapat dikembangkan dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian daerah dikota Tanjung Balai. Data yang digunakan dianalisa dengan metode Borda, Bayes dan Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa dikota Tanjung Balai fokus pada sektor pertanian, perindustrian, perdagangan dan jasa keuangan. Keempat sektor ekonomi tersebut melahirkan komoditas dan jenis usaha unggulan yang dapat dikembangkan dikota Tanjung Balai meliputi usaha penangkapan ikan dilaut, budidaya kerang, perdagangan hasil perikanan, industri berbasis sumberdaya perikanan, serta lembaga keuangan. pengembangan komoditas dan jenis usaha unggulan UMKM dikota Tanjung Balai diharapkan akan mampu memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian daerah.

Kata Kunci :UMKM, Komoditas & Jenis Usaha Unggulan


Keywords


UMKM, Komoditas & Jenis Usaha Unggulan

Full Text:

PDF

References


Anonym, 2006. Kajian Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Usaha UKM Di Provinsi Sumatera Utara, Jurnal Pengkajian Koperasi dan UMKM NOMOR 1 Tahun 1 - 2006

Alimarwan Hasan, 2003, Seri Kebijakan Usaha Penjaminan Kredit dan Perkuatan Usaha KUKM, Kementrian Koperasi dan UKM, Jakarta.

Darwanto, Herry, (2002), Prinsip Dasar Pembangunan Ekonomi Daerah, Jakarta.

Evi Emilia wATI, 2011, Persepsi Para Pelaku UKM (Usaha Kecil dan Menengah) Terhadap Penerapan Akuntansi.

Rachbini, Didik J, 2001. Pembanguna Ekonomi & Sumber Daya Manusia. Gramedia Widiasarana Indonesia, Jakarta.

Sjafrizal, 2008. Ekonomi Regional, Teori dan Aplikasi, Badouse Media, Cetakan Pertama, Padang.

Soebroto Hadisoegondo, Pengembangan Produk UMKM diakses dari www.ukmsmecda.com tanggal 1 Oktober 2012

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah download dari http://Google.com tanggal 26 Februari 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.