PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITY TERHADAP FIRM VALUE

Sri Fitri Wahyuni S.E., M.M

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return on Assets (ROA) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Corporate Social Responsiblity sebagai variabel moderasi dalam hubungan antara Return on Assets dan nilai perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah pendekatan nonprobability sampling, terutama metode purposive sampling yang didasarkan pada tujuan dan pertimbangan atau kriteria tertentu dari 38 populasi perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI, dan 10 perusahaan pertambangan telah dipilih yang memenuhi kriteria sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on asset secara parsial terpengaruh terhadap Firm Value Nilai ttabel adalah sekitar 3,116, sehingga thitung<ttabel (3,116> 1,705), signifikansi penelitian ini juga menunjukkan angka <0,05 (0,004 <0,05). Maka Corporate Social Responsibilty (CSR) secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Firm value. nilai thitung sekitar 1,777 dengan nilai signifikan 0,085, sedangkan ttabel lainnya sekitar 1,705, sehingga thitung> ttabel (2,080> 1,705), signifikansi penelitian ini menunjukkan angka <0,05 (0,048< 0,05).


Keywords


Return on Asset, Corporate Social Responsibility, Firm Value


Full Text:

PDF

References


Daniri, M. A. (2014). Lead By GCG. Jakarta: Gagasan Bisnis Indonesia.

Erlina. (2011). Metodologi Penelitian. Medan: PSI USU.

Friedman, M. (2007). Ekonomi Uang, Perbankan, Pasar Keuangan (Edisi Terjemahan) II. Jakarta: Salemba Empat.

Ghozali, & Chariri, A. (2007). Teori Akuntansi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2009). Aplikasi Analisis Multivariative dengan Program SPSS, Edisi 4, Cetakan Ke-4. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Gunawan, J. (2009). Commitment in implementing and developing Sustainable Development Goals. Retrieved from National Center For

mendapatkan kepercayaan dari masyarakat tentang kepedulian perusahaan terhadap lingkungannya.

CSR tidak dapat memoderasi hubungan antara Profitability dengan Firm value Value. Hal ini membuktikan bahwa CSR tidak dapat memediasi hubungan antara Profitability dan Firm Value.

Sustainablity Reporting: http://www.ncsr-id.org

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan: Berbasis Balanced Scorecard, Edisi 1, Cetakan ke-1. Jakarta: Bumi Aksara.

Indonesia. (2007). Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas. Retrieved 2017, from Sustainable Finance OJK: https://www.ojk.go.id/sustainable- finance/id/peraturan/undang- undang/Pages/Undang-Undang-No.- 40-tahun-2007-tentang-Perseroan- Terbatas.aspx

Indonesia, I. A. (2009). Penyajian Laporan Keuangan. Retrieved 2018, from Dewan Standar Akuntansi Keuangan:

https://staff.blog.ui.ac.id/martani/file s/2011/04/ED-PSAK-1.pdf

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P., & Nency, L. (2004). Corporate Social Responsibility: Doing the Most Good For Your Company and Your Cause. Hoboken: NJ: Wiley & Sons, Inc.

Kusumadilaga, R. (2010). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Retrieved Januari 6, 2018, from Skripsi, Universitas Diponegoro: http://eprints.undip.ac.id/22572/1/SK RIPSI_Rimba_Kusumadilaga.PDF

Nurdizal, M. R., Efendi, A., & Wicaksana, E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Jakarta: Penebar Swadaya.

Nurlela, R., & Islahuddin. (2008).

pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Pontianak: Simposium Nasional Akuntansi XI.

Puspaningrum, Y. (2015, April 22). Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderating. Yogyakarta, Sleman, Indonesia.

Ramadhani, L. S., & Hadiprajitno, B. (2012). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Prosentase Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurna Akuntansi dan Auditing Volume 8 N0.2, 95- 189.

Solihin, I. (2009). Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2009). Membangun Masyarakat Memberdayakan

Pengaruh

Responsibility

Perusahaan

Kepemilikan Manajemen sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris

Corporate Social terhadap Nilai dengan Persentase

Masyarakat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Susanto, A. (2007). A Strategic Management Approach, CSR. Jakarta: The Jakarta Consulting Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.