PENGARUH KEBIJAKAN DEVIDEN, INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAPAT DI BURSA EFEK INDONESIA

Julita Julita, S.E., M.Si

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kebijakan deviden, investasi dan profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap kebijakan hutang pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008-2011.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan dan sampelnya sebanyak 8 perusahaan otomotif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan studi dokumentasi dan tehnik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.

Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara parsial kebijakan deviden berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan hutang. Investasi berpengaruh negatif terhadap kebijakan hutang dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan hutang. Sedangkan secara simultan kebijkan deviden, investasi dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kebijakan hutang pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Keywords


Kebijakan deviden, investasi, profitabilitas, kebijakan hutang


Full Text:

PDF

References


Adrian, 2010, “Pengaruh Ekspor dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 1980-2006, Jurnal Organisasi Manajemen, Vol. 6 No.1.

Brealey, Myers, Marcus, 2007, “Dasar-dasar Manajemen Keuangan Perusahaan”, Jakarta : Erlangga.

Deni dan Deasy, 2012, “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Hutang Perushaan Keuangan yang Terdapat di BEI, Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 14 No.3.

Halim, Abdul, 2005, “Analisis Investasi”, Edisi kedua, Jakarta : Salemba Empat.

Ita Lopusi, 2013, “Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kebijakan deviden yang Terdaftar di BEI Periode 2007-2011”, Jurnal Akuntansi, Vol.1 No.2.

Kasmir, 2008, “Analisis Laporan Keuangan”, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Van Home, John M, 2007, “Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan”, Edisi dua belas, Jakarta : Salemba Empat.

Sugiyono, 2007, “Metode Penelitian Bisnis”, Bandung : Alfabeta.

Asrar Aspia, A. D. (2014). Media Pembelajaran. Medan: Perdana Publisher.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.