PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Julita Julita, S.E., M.Si

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh antara Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) baik secara parsial maupun simultan terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI yaitu berjumlah 31 perusahaan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah bejumlah 13 perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR), sedangkan varibel dependen nya adalah Profitabilitas (ROA).

Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik dokumentasi. Sementara itu teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis (uji t dan uji F) dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program Software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) 20 for windows.

Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa Non performing Loan (NPL) secara parsial berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA). Namun Capital Adequacy Ratio (CAR) tidak berpengaruh terhadap Ruturn On Asset (ROA). Sedangkan secara simultan penelitian membuktikan bahwa Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) berpengaruh terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI.

Keywords


Profitabilitas, Non Performing Loan (NPL), Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA).


Full Text:

PDF

References


Ghazali, Imam (2005). Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Ke 3. Semarang: BP-Universitas Diponegora.

Gozhali, Djoni dan Usman, Racmadi. (2012). Hukum Perbankan. Cetakan ke2. Jakarta : Sinar Grafika.

Hasibuan, Malayu. (2008). Dasar Dasar Perbankan. Cetakan ke7. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Harmono. (2009). Manajemen Keuangan, Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, dan Riset Bisnis. (Edisi I). Cetakan ke1. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Horne James C. Van dan John M Wachowicsc Jr, (2007) Fundamental Of Financial Management, Buku 2 Edisi 12, Jakarta : Salemba Empat.

Kasmir. (2003). Manajemen Perbankan.. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

........... (2010). Analisa Laporan Keungan. Edisi Ke 3. Jakarta: Rajawali Pers.

Dendawijaya, Lukman (2009). Manajemen Perbankan. Jakarta: Ghalia Indoensia.

Munawir (2004). Analisa Loporan Keuangan. Edisi Ke 4. Yogyakarta: Liberty.

Sartono, Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. (Edisi IV). Yogyakrta : BPFE.

Sudana, I Made (2011). Manajemen Keungan Perusahaan, Teori dan Prktik. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Bisnis (Cetakan ke 15). Bandung: Alfabeta.

Veitzhal, Rivai dan Veitzhal, Permata. (2007). Management Handbook, Teori, Konsep, Prosedur dan aplikasi Panduan Praktis Mahasiswa. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Jurnal

Almilia, Luciana Spica dan Herdiningtyas, Winny (2005). “Analisis Rasio Camel Terhadap Prediksi Kondisi Bemasalah Pada Lembaga Perbankan Periode 2000-2002”, Jurnal Akuntansi dan keuangan, STIE Perbanas Surabaya. Vol. 7 NO. 2, Nopember 2005.

Arimi, Millatina dan Mahfud, Mohammad Kholiq (2012).” Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Profitabilitas Perbankan (Studi Pada Bank Umum Yang Listed Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010)”, Diponegoro Journal Of Management, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Vol. 1 No. 2, Tahun 2012 .

Mawrdi, Wisnu (2004).” Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Keungan Bank Umum Di Indonesia (Studi Kasus Pada Bank Bank Umum dengan Total Asset Kurang Dari 1 Triliyun)”. Tesis S2, Universitas Diponegoro. Semarang.

Fitria, Nurul dan Sari, Raina Linda (2012). “Analisis Kebijakan Pemberian Kredit dan Pengaruh Non Performing Loan Terhadap Loan to Deposit Ratio Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Rantau, Aceh Tamiang. ( periode 2007-2011)”, Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1 No. 1, Desember 2012.

Mahardian, Pandu (2008). Analisis Pengaruh Rasio Car. Bopo, Npl, Nim, dan Ldr terhadap kinerja keungan perbankan ( Studi kasus Perusahaan Perbankan Yang Tercatatat di Bej Periode Juni 2002-Juni 2007). Tesis S2, Universitas Diponegora. Semarang.

Sukarno, Kartika Wahyu dan Syaichu, Muhamad (2006).” Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Bank umum di indonesia”, Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Vol. 3 No. 2, Tahun 2006.

Putri, Meidera Elsa (2012). “Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Modal pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI)”. Jurnal Manajemen,Volume 01 Nomor 01 September 2012, hal 1-10.

Surat Kabar

Nn, (2013). “BI Terbitkan Aturan Baru Modal Minimum Perbankan”. Harian Analisa, 20 Desember 2013, Medan.

Website

www.idx.co.id,

www.bi,go.co


Refbacks

  • There are currently no refbacks.