PENGARUH NET PROFIT MARGIN DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN ASURANSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Julita Julita, S.E., M.Si

Abstract


Struktur modal merupakan salah satu cara perusahaan untuk mengetahui sumber-sumber modal yang diperoleh perusahaan apakah melalui modal asing ataupun modal sendiri. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat menentukan struktur modal yang optimal guna mencapai tujuan perusahaan. dalam menentukan struktur modal, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan diantaranya yaitu profitabilitas.

Penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak sepuluh perusahaan asuransi sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini juga memakai seluruh populasi yaitu sepuluh perusahaan asuransi, dan pengamatan dilakukan selama empat tahun yaitu mulai dari tahun 2008, 2009, 2010, dan 2011. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari Net Profit Margin (NPM) dan Return On Investment (ROI), sedangkan variabel dependen adalah Debt to Equity Ratio (DER)

Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan ternyata tidak ada pengaruh signifikan antara Net Profit Margin, Return On Investment terhadap struktur modal secara parsial dan simultan pada perusahaan asuransi yang terdaftar dibursa Efek Indonesia tahun 2008-2011. Besarnya nilai R-Square adalah 0.091. Jika

R-Square mendekati 1 maka variabel bebas semakin kuat pengaruhnya terhadap variabel dependen. Hal ini menunjukkan besaran pengaruh variabel profitabilitas adalah sebesar 0.091 atau 9.1% berarti pengaruh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini sebesar 90.9%. Maka dapat disimpulkan kemampuan variabel-variabel dalam menjelaskan variasi variabel amat terbatas


Keywords


Net Profit Margin (NPM), Return On Investment (ROI), Struktur Modal


Full Text:

PDF

References


Brigham dan Houston. (2011). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.Diterjemahkan oleh Ali Akbar Yulianto, Buku 2, Edisi II.Jakarta : Salemba Empat.

Ghazali, Imam. (2005). Aplikasi Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang Badan Penerbit UNDIP.

Husnan, Suad dan Enny Pudjiastuti.(2004). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.Edisi Keempat. Yogyakarta: UPP (Unit Penerbit & Percetakan) AMP YKPN.

Juliandi, Azuar. (2007). “Teknik Pengambilan Semple”.http://www.azuarjuliandi.com.2010.

_______. (2013). Metedologi Penelitian Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Bisnis. Medan. Pecetakan M2000.

Kasmir.(2008). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kelima. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

______.(2010). Analisa Laporan Keuangan.Cetakan ketiga. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lukman, Syamsuddin (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan; Konsep Aplikasi Dalam Perencanaa, Pengawasan, Dan Pengambilan Keputusan. Edisi baru, Jakarta: garfindo persada.

Munawir, S (2007). Analisa Laporan Keuangan. Edisis keempat, Cetakan Ketigabelas, Yogyakarta: liberty.

Riyanto, Bambang. (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Edisi Empat. Cetakan Kedelapan. Yogyakarta: BPFE.

______.(2001), “Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan”, Yogyakarta. Yayasan Penerbit Gajah Mada.

Rodoni, Ahmad dan Herni Ali, (2010).Manajemen Keuangan, Edisi Pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sartono, Agus. (2010). Manajemen Keuangan Teori Dan Aplikasi. Cetakan Keempat.Edisi Keempat. Yoyakarta: BPFE-yogyakarta.

Sawir, Agnes. (2004). Kebijakan Pendanaan & Restrukturisasi Perusahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sjahrial, Dermawan, (2007) Manajemen Keuangan Lanjutan. (Edisi Pertama), Jakarta :MitraWacanaMedia.

Sugiyono.(2003). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kelima. Bandung: Alpabet.

_______. (2006). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alpabet.

_______. (2007). Metode Penelitian Bisnis (Cetakan Kelima). Bandung: Alpabet.

Sundjaja, Ridwan dan Inge Barlian.(2002). Manajemen Keuangan Dua.Edisi Ketiga. Jakarta: PT Ikrar Mandiri Abadi.

Damayanti(2013).PengaruhStrukturAktiva, Ukuran Perusahaan, PeluangBertumbuhdanProfitabilitasTerhadapStruktur Modal (Studi Pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia).JurnalPresfektifBisnis, vol.1, No.1, Juni 2013, ISSN: 2338-5111.

Joni & Lina, (2010) Faktor-Faktor Yang MempengaruhiStruktur Modal.Jurnal Bisnis dan Akutansi, vol.12, No.2 Agustus 2010 hal 81-96 STIE Trisakti.

Nuril Hidayati (2009). “Pengaruh Struktur Kepemilikan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Aktiva dan Resiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Studi Pada Perusahaan yang Masuk Kelompok Jakarta Islamic Index Tahun 2005-2007.” Skripsi S1. Fakutas Syari’ah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.Yogyakarta.

Sulaiman (2012).”Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal. Jurnal Manajemen dan Bisnis.Fakultas Ekonomi Universitas Semarang.

TriastutiFitrianingrum (2012).Pengaruh Net Profit Margin (NPM) Terhadap Debt To Equity Ratio (DER) dan Dampaknya Pada Earning Per Share (EPS) (Sensus Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di BEI).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.