ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA PADA BADAN LINGKUNGAN HIDUP PROVINSI SUMATERA UTARA

Julita Julita, S.E., M.Si

Abstract


Anggaran merupakan rencana tentang kegiatan perusahaan yang mencakup berbagai kegiatan operasional yang saling berkaitan dan saling berpengaruh satu sama lain. Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara setiap periode menyusun dokumen rencana anggaran yang disebut Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) SKPD yaitu dokumen yang menghubungkan perencanaan dan pelaksanaan SKPD yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Utara, agar dapat mengendalikan tingkat efektifitas dan efisiensi Rencana Kerja dan Anggaran tersebut.

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa berdasarkan hasil perhitungan rasio efektivitas anggaran pendapatan pada tahun 2009 dan 2012 kinerja Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara (BLH-PROVSU) dinilai sangat efektif. Hanya saja pada tahun 2010 perhitungan efektivitas anggaran pendapatan Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara (BLH-PROVSU) dinilai tidak efektif dalam menetapkan target anggaran pendapatan karena hanya mencapai 11,28%. Sedangkan berdasarkan hasil perhitungan efisiensi anggaran pendapatan, pada tahun 2009-2012 Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara (BLH-PROVSU) dinilai efisien. Berdasarkan perhitungan efisiensi anggaran belanja, pada tahun 2009-2012 Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara (BLH-PROVSU) dinilai efisien dalam pengelolaan anggaran belanja. Hal ini berdampak baik bagi Instansi karena dapat melakukan penghematan dalam menggunakan anggaran belanja. 

Keywords


Efektivitas, Efisiensi, Anggaran Pendapatan dan Belanja


Full Text:

PDF

References


Bastian, Indra, (2006). Sistem Akuntansi Sektor Publik. Edisi Kedua, Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Bastian, Indra, (2009). Akuntansi Sektor Publik: Suatu Pengantar. Edisi Ketiga, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Harun, (2008). Reformasi Akuntansi dan Manajemen Sektor Publik di Indonesia. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Mardiasmo, (2002). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Deddi dan Ayuningtyas, (2010). Akuntansi Sektor Publik. Edisi Kedua, Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Nafarin, M (2007). Penganggaran Perusahaan. Edisi Ketiga, Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Julita dan Jufrizen, (2012). Budgeting. Penerbit Citapustaka Media Perintis. Bandung.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. penerbit alvabeta,cv. Bandung.

Renjowijoyo, Muindro (2008). Akuntansi Sektor Publik: Organisasi Non Laba. Penerbit Mitra Wacana Media. Jakarta.

Ulum, Ihyaul (2009). Audit Sektor Publik Suatu Pengantar. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.

Mariza, Addina (2009). Analisis Kinerja Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Pemerintah Kota Medan. Proposal Skripsi. Fakultas Ekonomi, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sunandar. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Pada Unit Pengelola Keuangan Badan Keswadayaan Masyarakat (UPKBKM) Mandiri Sejahtera Kelurahan Panggung Kota Tegal. Jurnal. Dosen Program Studi Akuntansi Poloteknik Harapan Bersama.

Andriana, Novia. (2011). Analisis Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Terhadap Realisasi Tata Kelola Anggaran Pembangunan Di Sektor Pendidikan Pemerintah Kabupaten Jombang. Jurnal.

www.google.com -http://al-bantany-112.blogspot.com/2009/11/kumpulan-teori-efektivitas.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.