PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN LONG TERM DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN. (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA).

Julita Julita, S.E., M.Si

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Long Term Debt To Equity Ratio secara simultan terhadap Profitabilitas Perusahaan yang diukur dengan Return On Equity (ROE). (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) yang diteliti mulai tahun 2008 - 2012.

 Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar DiBursa Efek Indonesia, dan sampel yang digunakan untuk melakukan penelitian ini sebanyak 6 perusahaan. Periode pengamatan dilakukan selama 5 tahun yaitu dimulai dari tahun 2008 sampai tahun 2012. Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh langsung berupa laporan keuangan yang diperoleh disitus www.idx.co.id. Tehnik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis statistik yaitu: analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan SPSS 18.0 for windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara parsial debt to equity ratio tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on equity pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan nilai signifikansi sebesar 0,461, dan Secara parsial longterm debt to equity ratio memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on equity pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dengan nilai signifikansi sebesar 0,009. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio dan longterm debt to equity ratio secara serempak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return on equity pada perusahaan Telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan nilai signifikansi korelasinya sebesar 0,000.

Keywords


Debt To Equity Ratio (DER), Long Term Debt To Equity Ratio (LTDER), dan Profitabilitas


Full Text:

PDF

References


Agnes Sawir (2003). Analisis Kinerja Keuangan don Perencanaan keuangan Perusahaan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum.

Bambang Riyanto (2008). Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta: BPFE.

Djarwanto Ps. (2004). Pokok-pokok Analisa Laporan Keuangan (edisi II). Yogyakarta : BPFE.

Harahap, Nurul Sajidah (2011). “Pengaruh Efektifitas Modal Kerja dan Operating Asset Turnover terhadap Rentabilitas pada Perusahaan Retail Trade yang terdaftar di BEI”, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Harahap, Sofyan Syafri (2004). Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Heriyanto Sianturi (2011). “Pengaruh Efektifitas Modal Kerja dan Total Asset Turnover terhadap Tingkat Rentabilitas pada Industri Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI”. dalam http://www.google.co.id

Husnan, Saud dan Enny Pudjiastuti (2007). Dasar-dasar Manajemen Keuangan Seri Penutup Pembelanjaan. Yogyakarta :Penerbit UPP AMP YKPN.

I Made Sudana (2011). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik. Jakarta : Erlangga.

Imam Ghozali (2006). Aplikasi Analisa Multivariate dengan Program SPSS.

Kasmir (2008). Analisis Laporan Keuangan (edisi I). Jakarta: Rajawali Pers.

Lukman Syamsuddin (2009). Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mulyadi (2001). Sistem Akuntansi (edisi III). Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Munawir, S (2007). Analisa Laporan Keuangan (edisi 11). Yogyakarta YPKN

Petra, Lutfi Jaya (2010). “Pengaruh Perputaran Modal Kerja Terhadap Profitabilitas (Studi Kasus: PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk). Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma “. Jakarta.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.