PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PERPUTARAN KAS TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Julita Julita, S.E., M.Si

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Kas mempunyai pengaruh signifikan terhadap Likuiditas pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2011.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Perputaran Modal Kerja pengaruhnya tidak siginifikan terhadap Likuiditas dan Perputaran Kas secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Likuiditas pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2011. Secara simultan Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Kas bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Likuiditas. Dan hasil koefisien determinasi menunjukkan 61,4% Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Kas memberikan kontribusi pengaruh terhadap Likuiditas dan 38,6% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti

Keywords


Perputaran Modal Kerja, Perputaran Kas, Likuiditas


Full Text:

PDF

References


Azuar Juliandi (2013). “Belajar SPSS”. http://www.azuarjuliandi.com. Diakses 14 Maret 2014.

Bambang Riyanto. 2008. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan. Yogyakarta : BPFE UGM.

Husein Umar. 2003. Business an Introduction. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Kuncoro, Mudrajat. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta : Erlangga

Madura, Jeff. 2007. Pengantar Bisnis (Buku 2, Edisi IV). Jakarta : Salemba Empat.

Sekaran, Uma. 2009. Research Methods for Business (Terjemahan oleh Kwan Men Yon). Jakarta : Salemba Empat.

S Munawir. 2007. Analisa Laporan Keuangan (Edisi IV). Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Untuk Statistika, Bandung : CV. Alfabeta

Suharyadi, dkk. 2007. Kewirausahaan: Membangun Usaha Sukses Sejak Usia Muda. Jakarta : Salemba Empat.

Widhiatmojo, L Vendy (2013). “Pengaruh Perputaran Piutang, Kas dan Persediaan Barang Terhadap Tingkat Likuiditas Koperasi”. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, Universitas Negeri Yograkarta. Vol. 2 No. 6, 2011.

Yoyon Supriadi dan Fani Fazriani (2011). “Pengaruh Modal Kerja Terhadap Tingkat Likuiditas dan Profabilitas (Studi Kasus pada PT. Timah, Tbk. dan PT. Antam, Tbk”. Jurnal Ilmiah Ranggagading, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesatuan Bogor. Vol. 11 No. 1, April 2011.

Zimmerer, Thomas W, et al. 2008. Essentials of Enterpreneurship and Small Business Management. (Terjemahan oleh Deny Arnos Kwary), Jakarta : Salemba Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.