PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI MAHASISWA PADA MATA KULIAH BUDGETING

Julita Julita, S.E., M.Si

Abstract


Penelitian ini didasari dari pengalaman peneliti dan pendapat dari teman sejawat bahwa, minat belajar, keaktifan dan kompetensi mahasiswa semakin menurun,sehingga peneliti ingin memberikan penyegaran dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan salah satu model pembelajaran dikelas dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi mahasiswa khusus mata kuliah Budgeting

Tujuan yang diharapkan dalam penerapan metode ini dapat mewujudkan pembelajaran yang bervariasi, nyaman dan menyenangkan sehingga mahasiswa mampu mengidentifikasi, mengeksplorasi,menginvestigasi dan akhirnya menemukan solusi serta kondisi belajar yang tetap dipelihara adalah suasana kondusif, terbuka, negosiasi, demokratis pada mahasiswa dan dapat berpikir secara optimal serta memiliki wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memahami secara konsep, teori dan praktek dalam mengaplikasikan berbagai mata kuliah yang diperoleh, khususnya mata kuliah Budgeting

Keywords


Model Problem Based Learning, Keaktifan dan Prestasi Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


A. Tabrani Rusyan, Atang Kusdinar, Zaenal Arifin, (1989) Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remadja Karya

M. Taufiq Amir,(2009), Inovasi Melalui Problem Based Learning, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nana Sudjana,(1991), Penilaian Proses Belajar Mengajar, Bandung : Ramadja Karya

Sardiman A.M, (2004), Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT.Raja Grafindo Persada.

Sobel,Max A & Evan .M.Maletsky, (2004), Mengajar Matematika : Sebuah Buku Sumber Alat Peraga, Aktivitas dan Strategi, Jakarta, Erlangga.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, Supardi, (2006), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: CV Rajawali.

Suharsimi Arikunto, (2004), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Senjaya, (2008), Strategi Pembelajaran ; Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaenal Arifin, (1990), Evaluasi Instruksional, Bandung : PT.Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.