STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) KECAMATAN MEDAN DELI MELALUI ANALISIS SWOT

Mutia Arda, SE, M.Si

Abstract


Usaha kecil dan menengah merupakan sektor usaha yang memiliki jumlah terbesar dengan daya serap angkatan kerja yang signifikan. Kecamatan Medan Deli merupakan kecamatan yang memiliki penduduk terbanyak di Kota Medan. Apabila jumlah pelaku usaha kecil secara proporsional mengikuti jumlah penduduk maka diperkirakan jumlah pelaku usaha kecil terbanyak akan didapat di Kecamatan Medan Deli. Strategi yang tepat harus dimulai dari baiknya perumusan strateginya. Untuk dapat mencapai tujuan, diperlukan analisis SWOT sebagai dasar bagi para pelaku UKM ini mengembangkan strategi usahanya

Keywords


Strategi, Usaha Kecil dan Menengah, Analisis SWOT

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta, Jakarta.

David, F.R. 2009. Strategic Management, Manajemen Strategis Konsep. Salemba, Jakarta.

Harisudin, M, 2009. Hand Out Matakuliah Manajemen Strategi (tidak dipublikasikan). Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

(PNPM) MANDIRI, 2007, Pedoman Umum Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat.

Wahyudi, A.S, 1996. Manajemen Strategik : Pengantar Proses Berfikir Strategik. Binarupa Aksara, Jakarta.

Tambunan, T., 2002. Usaha Kecil dan Menengah di Indonesia: Beberapa Isu Penting, Salemba, Jakarta.

Chris Manning, Tadjuddin Noer Effendi, Penyunting. 2010. Urbanisasi, Pengangguran dan Sektor Informal di Kota, Pada Simposium Nasional 2010: Menuju Purworejo Dinamis dan Kreatif. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.