Analisis Faktor Stimuli Pemasaran dalam Keputusan Pembelian Online Produk Fashion Pada Generasi Z

Dewi Andriany

Abstract


Tujuan : Pergeseran konsumsi masyarakat Indonesia dari belanja off-line menuju belanja online ditandai dengan Indonesia termasuk dalam 10 besar negara Asia dengan penggunainternet terbanyak. Mayoritas pengguna internet saat ini adalah kaum muda yang disebutdengan generasi z. Produk fashion merupakan produk yang paling banyak dibeli secara online.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor stimuli pemasaran dalam keputusan
pembelian online produk fashion pada generasi z.
Metode: Desain: Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100, dikarenakan jumlah populasitidak diketahui secara pasti maka penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan rumusBernoulli (tingkat error sebesar 10%). Data yang diperoleh akan diolah secara kuantitatifmenggunakan perangkat lunak SPSS dengan Factor Analysis. Sebagian besar respondenmerupakan perempuan yang berusia muda antara 18-21 tahun dengan jenis pekerjaan padaumumnya adalah mahasiswa yang telah melakukan pembelian produk fashion lebih dari 2 kali.
Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 3 faktor stimuli pemasaran dalamkeputusan pembelian online produk fashion pada generasi z, antara lain: Faktor 1 terdiri darikualitas yang baik, harga terjangkau, akun di berbagai media, nyaman dipakai, hemat, jaminanpurna jual. Faktor 2 terdiri postingan menarik, desain up to date, warna menarik. Faktor 3terdiri dari satu variabel saja yaitu promosi gencar.
Jenis Penelitian: Studi Empiris

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.