HOTS (High Order Thinking Skils) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODUL

Pipit Putri Hariani MD

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan Modul dan HOTS (High Order Thinking Skils) dapat meningkatkan hasil beljar siswa Kelas X- AK 2 SMK Swasta PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2018/2019 materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK-2 SMK Swasta PAB 2 Helvetia Jl. Labuhan Deli No. 12 yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Media Modul sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan pada materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Instrument penelitian yang digunakan adalah test dan lembar Observasi. Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada tes awal diperoleh 12 dari 37 siswa (32%) yang mencapai ketuntasan dan yang belum belum mencapai ketuntasan 25 orang siswa. Hasil belajar test siswa pada siklus I diperoleh sebanyak 20 siswa (54,0%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 17 orang siswa (46%) sedangkan untuk hasil belajar pada siklus II diperoleh sebanyak 32 siswa (86,49%) yang mencapai ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa (13,51%). Berdasarkan hasil siklus II diketahui bahwa hasil belajar siswa telah meningkat dan berhasil.

Keywords


Modul; Hasil Belajar Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 1992. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi.Bandung : Angkasa

Andi, Prastowo.2015.Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta : DIVA Pers.

Anurrahman,2012, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabet

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Arsyad, A. 2011 Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Asra dan Sumiati.2013. Metode Pembelajaran, Bandung : Wacana Prima.

Desi Wahyuni.2017. Pengaruh Model Pembelajaran Recipcoral Teaching dengan menggunakan Media Modul Terhadap Hasil Belajar Akuntannsi. Medan

Dimayati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Cetakan Kelima. Rineka Cipta.

Jakarta

Herawati, Heni. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Kemampuan Kognitif Untuk Orang Tua Taman Kanak-Kanak Usia 4-5 Tahun di Bandar Lampung. Tesis. Pascasarjana FKIP Universitas Lampung

Lestari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang : Akademia Permata Muhibbin, Syah M. 2012. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto.2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Purwanto, dkk. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Depdiknas Rahmayulis.2002. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung : Alfabeta

Rayandra Asyhar. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Rudianto.2012. dalam Alan. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen.

Yogyakarta: BPFE

Slameto.2003. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi.Jakarta: Rineka Cipta Sudirman. 2010. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana.2005. Statistika untuk Ekonomi dan Niaga.Tarsito:Bandung

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo. Sukiman. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogik

Suparman, A. 1993, Desain Instruktional, Jakarta: Rineka Cipta.

Suryaningsih,2010. Pengembangan Media Cetak Modul sebagai pembelajaran. Jombang : Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.