BAURAN PENJUALAN ECERAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI DI PASAR SWALAYAN DI MEDAN

Widia Astuty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pelaksanaan bauran penjualan eceran di pasar swalayan, (2) pengambilan keputusan pembelian dari konsumen. (3) Pengaruh pelaksanaan bauran penjualan eceran terhadap pengambilan keputusan pembelian, dan (4) Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini menggunakan bentuk deskriptif, verifikatif dan metode penelitian survey, serta menggunakan teknik pengambilan sampel sampel random sampling. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 168 orang yang masing-masing dialokasikan secara proporsional ke 30 pasar swalayan di Kota Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur (path analisis). Temuan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa responden memberikan respon yang baik terhadap pelaksanaan bauran penjualan eceran yang dilakukan oleh pasar swalayan. Sedangkan temuan dari hasil pengujian statistik menunjukkan adanya pengaruh positif baik secara keseluruhan maupun secara parsial dari bauran penjualan eceran yang meliputi penyediaan barang, penetapan harga, promosi, pelayanan dan personalia. Sedangkan fasilitas fisik mempunyai pengaruh negatif. Disamping itu pelayanan merupakan faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan pembelian dari konsumen.

Kata kunci : Bauran Penjualan Eceran, Keputusan Konsumen, dan Pasar Swalayan


Keywords


Bauran Penjualan Eceran, Keputusan Konsumen, dan Pasar Swalayan

Full Text:

PDF

References


Rachmat, Djalaluddin. 2000. Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi Kelima. Jakarta : Media Pustaka.

Sutisna. 2001. Prilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Cetakan Pertama. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV.Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.