Archives


2016

2016: PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI MAHASISWA

Penelitian ini didasari dari pengalaman peneliti dan pendapat dari teman sejawat bahwa, minat belajar, keaktifan dan kompetensi mahasiswa semakin menurun,sehingga peneliti ingin memberikan penyegaran dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan salah satu model pembelajaran dikelas dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi mahasiswa khusus mata kuliah Budgeting

2009

2009: PENGARUH KOLABORASI DAN EVALUASI DALAM SUPPLY CHAIN PADA INVESTASI LINGKUNGAN DI LEVEL PRODUSEN

This study aims to empirically testing the influence of collaborative activity between the factory with customers and suppliers on environmental investments at the level of producers in the allocation of Pollution Prevention and empirically test the influence of the evaluation activities of the factory with customers and suppliers on environmental investments in the allocation of producer dilevel Pollution Control and test empirically the influence of collaboration and evaluation activities of the factory with consumers and suppliers are allocated in the Pollution Prevention and Pollution Control jointly on environmental nvestasi producers dilevel.


2008

2008: ANALISIS KARAKTERISTIK SOSIAL EKONOMI YANG MEMANFAATKAN JASA PEGADAIAN DI KOTA MEDAN

In the preamble 1945 states that the aim of a state is to achieve the righteous and prosperous people. In order to support the  great and independent national economy, the economic depelopment needs to get in appropriate order to increase the people’s income and to overcome inbalanced economy and social gap. The government gives some service, protection and welfare as its responsibility, so each people can fulfill their needs to gain the welfare for those people who live in Indonesia.

2013

2013: PENGARUH MOTIVASI, KNOWLEDGE OF ENTREPRENEURSHIP DAN INDEPENDENSI TERHADAP THE ENTREPRENEUR’S PERFORMANCE

The purpose of this researchis to determine the relationship between corporate motivation,entrepreneurs knowledge and corporate independent and the performance of entrepreneur. A survey was conducted at the small industry in Medan town, with a sample of 45 selected randomly.


2010

Vol 9, No 2 (2010): PENGARUH PERPUTARAN MODAL KERJA DAN PERPUTARAN KAS TERHADAP LIKUIDITAS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR

Penelitian ini dibuat untuk mengetahui apakah Perputaran Modal Kerja dan Perputaran Kas mempunyai pengaruh signifikan terhadap Likuiditas pada perusahaan Pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008 sampai dengan tahun 2011.


2008

Vol 7, No 2 (2008): PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN LONG TERM DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Debt To Equity Ratio dan Long Term Debt To Equity Ratio secara simultan terhadap Profitabilitas Perusahaan yang diukur dengan Return On Equity (ROE). (Studi Kasus Pada Perusahaan Telekomunikasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia) yang diteliti mulai tahun 2008 - 2012.

2011

Vol 10, No 2 (2011): ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA PADA BADAN LINGKUNGAN HIDUP

Anggaran merupakan rencana tentang kegiatan perusahaan yang mencakup berbagai kegiatan operasional yang saling berkaitan dan saling berpengaruh satu sama lain. Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara setiap periode menyusun dokumen rencana anggaran yang disebut Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) SKPD yaitu dokumen yang menghubungkan perencanaan dan pelaksanaan SKPD yang mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumatera Utara, agar dapat mengendalikan tingkat efektifitas dan efisiensi Rencana Kerja dan Anggaran tersebut. 

2007

Vol 8, No 1 (2007): PENGARUH NET PROFIT MARGIN DAN RETURN ON INVESTMENT TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN ASURANSI

Struktur modal merupakan salah satu cara perusahaan untuk mengetahui sumber-sumber modal yang diperoleh perusahaan apakah melalui modal asing ataupun modal sendiri. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat menentukan struktur modal yang optimal guna mencapai tujuan perusahaan. dalam menentukan struktur modal, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan diantaranya yaitu profitabilitas

2011

No 8 (2011): PENGARUH NON PERFORMING LOAN (NPL) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR) TERHADAP PROFITABILITAS (ROA) PADA PERUSAHAAN

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis apakah ada pengaruh antara Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) baik secara parsial maupun simultan terhadap Profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI yaitu berjumlah 31 perusahaan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah bejumlah 13 perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini terdiri dari Non Performing Loan (NPL) dan Capital Adequacy Ratio (CAR), sedangkan varibel dependen nya adalah Profitabilitas (ROA).

0

PENGARUH KEBIJAKAN DEVIDEN, INVESTASI DAN PROFITABILITAS TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kebijakan deviden, investasi dan profitabilitas mempunyai pengaruh terhadap kebijakan hutang pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008-2011.

Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 12 perusahaan dan sampelnya sebanyak 8 perusahaan otomotif. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan studi dokumentasi dan tehnik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier berganda

PENGARUH PERPUTARAN PIUTANG DAN PERPUTARAN PERSEDIAAN TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN GARMEN DAN TEKSTIL

Profitabilitas merupakan bagian yang penting bagi setiap perusahaan karena besar atau tidak profit yang diperoleh suatu perusahaan akan berdampak bagi posisi keuangan perusahaan. Untuk mencapai tujuan perusahaan, manajer harus dapat memanajemen keuangan perusahaan dengan baik.

PENGARUH DEBT TO EQUITY RATIO DAN DEBT ASSETS RATIO TERHADAP PROFITABILITAS PADA PERUSAHAAN TRANSFORMASI

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Debt to Equity Ratio dan Debt to Asset Ratio baik secara parsial maupun simultan terhadap Profitabilitas pada perusahaan Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berjumlah 19 Perusahaan Transportasi, sedangkan sampel yang memenuhi kriteria dalam penarikan sampel untuk penelitian ini adalah berjumlah 10 Perusahaan Transportasi

PENGARUH PROFITABILITAS DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiu pengaruh profitabilitas (Gross Profit Margin) dan  tingkat pertumbuhan penjualan  terhadap struktur modal (DER) pada PTPN III (Persero) Medan.

Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari profitabilitas (gross profit margin) dan tingkat pertumbuhan penjualan, sedangkan variabel dependennya adalah struktur modal. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan keuangan berupa neraca dan laba rugi tahun 2008-2012 sebagai sampel pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji-t, uji-f dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens ) 16.0 for windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil penelitian menyatakan bahwa profitabilitas dan tingkat pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal secara simultan pada PTPN III (Persero) Medan tahun 2008-2012.  Besarnya nilai -nya 0,702. Jika nilai  mendekati 1 maka variabel bebas semakin kuat pengaruhnya terhadap variabel dependen. Hal ini menunjukkan besaran pengaruh variabel profitabilitas dan tingkat pertumbuhan penjualan adalah sebesar 0,702 atau 70,2% dan sisanya sebesar 29,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

2019

Vol 10, No 2 (2019): EVENING CULINARY TOURISM: THE PUBLICITY OF MERDEKA WALK MEDAN

Publicity is very important to evening culinary tourism information in Merdeka Walk Medan, North Sumatra to increase the number of local and foreign tourists who visit and enjoy the evening atmosphere and menus. A Public Relations Officer has the means to carry out his/her duties such as a publicity agent. Publicity is carried out to the public, and the public is needed to inform about the products or services offered by government agencies, organizations, companies, or individual to attract local and foreign tourists to visit the aforementioned evening culinary tourism. The method used in this paper is a qualitative; focusing mainly on the role of Public Relations Officer who uses mass media to publish events held at Merdeka Walk and also publishes a variety of menu that reflects the taste of the region and its ethnicity. Internet-based social media plays an important role in publicity. Through social media, people can be made aware of the beauty and convenience of culinary locations at Merdeka Walk. Social media, thus, results in boosting the popularity of this culinary tourism, and it shows that the effects of the publication have been felt.

2007

2007: Perkiraan Kehancuran Bangunan Rumah Toko di Kota Medan Akibat Skenario Terburuk Gempa Subduksi Nias

Pada umumnya bangunan rumah toko (ruko) di Kota Medan tidak direncanakan secara baik dan dibangun dengan pengawasan yang buruk, sehingga beresiko besar terhadap beban dinamis gempa. Getaran gempa dari zona subduksi Sumatera yang mengandung frekwensi rendah dan berdurasi panjang dirasakan beberapa kali di Kota Medan. Beberapa rumah dan hotel mengalami retak non struktural akibat getaran gempa Nias 2005. Untuk itu sejumlah contoh beton segar, baik itu beton segar ready-mix maupun beton segar campuran manual, beserta sejumlah potongan besi tulangan diambil di lokasi pembangunan ruko dan diuji di laboratorium. Tegangan tekan dan tegangan tarik hasil pengujian digunakan sebagai properti bahan model-model ruko. Model-model ruko ini terdiri dari 2, 3 dan 4 lantai dengan 1, 2 dan 3 pintu (bentang). Kemudian analisa non elastik struktur beton bertulang ilakukan menggunakan alat bantu program IDARC2D menggunakan gaya getaran gempa sintetik dari skenario terbruk gempa subduksi Nias. Hasilnya menunjukkan bahwa umumnya bangunan ruko ini mengalami banyak retak. Bahkan beberapa ruko menunjukkan kinerja yang sangat rendah dan tidak dapat diperbaiki akibat tingkat kehancuran yang tinggi.


2018

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MEMPREDIKSI KEBANGKRUTAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR


0

The Effect of Return on Equity and Investment Opportunity Set to Price Earning Ratio With Current Ratio As a Moderating

The Effect of Return on Equity and Investment Opportunity Set to Price Earning Ratio With Current Ratio As a Moderating 

2018

2018: PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITY TERHADAP FIRM VALUE

PERAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM MEMODERASI PENGARUH PROFITABILITY TERHADAP FIRM VALUE


2015

2015: Perilaku simpangan struktur tidak simetris horizontal dengan variasi eksentrisitas kekakuan dan faktor modifikasi resp

Studi parametrik ini dilakukan pada bangunan dengan eksentrisitas kekakuan (er) dan variasi dari respon modifikasi gempa (R) dengan memodelkan struktur 2D dan melihat perilaku simpangan struktur tersebut pada sisi yang kaku dan sisi yang fleksibel. Struktur tersebut akan dianalisisis dalam kondisi elastis dan inelastis dengan metode Riwayat Waktu dan rekaman gempa dengan karakteristik gempa Pulse dan tanpa Pulse. Hasil studi parametrik diperoleh respon simpangan yang signifikan pada sisi fleksibel dibandingkan dengan di sisi kaku. Perpindahan yang tidak seragam ini membuat struktur mengalami puntir/torsi. Efek torsi kondisi inelastis memiliki deformasi yang lebih signifikan dibandingkan deformasi kondisi elastis dengan rasio simpangan mencapai 1 : 2,678. Sementara itu, kenaikan faktor modifikasi respon gempa (R) menunjukkan peningkatan simpangan seiring meningkatnya faktor-R dan semakin besarnya nilai eksentrisitas pusat kekakuan (er). Efek getaran gempa dengan pulse memiliki karakteristik yang dapat menyebabkan perpindahan yang signifikan di sisi fleksibel dibandingkan dengan getaran gempa tanpa Pulse, kenaikan deformasi akibat gempa pulse berkisar 10% sampai dengan 15%.

2015: Pengaruh getaran gempa yang mengandung efek pulse dan tanpa pulse pada struktur tidak simetris sebidang

Penelitian ini adalah studi parametrik pada model bangunan tidak simetris sebidang satu tingkat dengan elemen struktur dinding sebagai penahan gaya lateral yang memiliki variasi pada eksentrisitas kekakuan dan variasi kapasitas rotasi plastis struktur. Tinjauan dilakukan terhadap simpangan yang terjadi pada arah dinding fleksibel dan pada arah dinding yang kaku. Struktur ini dianalisis secara elastis dan tidak elastis dengan metode analisa riwayat waktu dan diberikan eksitasi gempa dengan karakteristik gempa pulse dan tanpa-pulse.


2014

2014: Evaluasi Daktilitas pada Bangunan Rumah Toko di Kota Medan

Makalah ini bertujuan untuk mengetahui perilaku struktur gedung ruko di Kota Medan berdasarkan SNI 03-1726-2002. Parameter yang ditinjau yaitu daktilitas struktur (p). Analisa yang digunakan adalah analisis beban dorong (tidak linear). Ada 2 ruko yang dievaluasi yaitu ruko 4 lantai di J1. Setia Budi dan ruko 3 lantai di Jl. Amir Hamzah. Dari basil yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai daktilitas struktur ruko melebihi nilai daktilitas maksimum pada SNI 03-1726-2002.


26 - 50 of 576 Items     << < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >>