PENGARUH PROFITABILITAS DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiu pengaruh profitabilitas (Gross Profit Margin) dan  tingkat pertumbuhan penjualan  terhadap struktur modal (DER) pada PTPN III (Persero) Medan.

Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari profitabilitas (gross profit margin) dan tingkat pertumbuhan penjualan, sedangkan variabel dependennya adalah struktur modal. Unit analisis dalam penelitian ini adalah laporan keuangan berupa neraca dan laba rugi tahun 2008-2012 sebagai sampel pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji-t, uji-f dan koefisien determinasi. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens ) 16.0 for windows.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil penelitian menyatakan bahwa profitabilitas dan tingkat pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap struktur modal secara simultan pada PTPN III (Persero) Medan tahun 2008-2012.  Besarnya nilai -nya 0,702. Jika nilai  mendekati 1 maka variabel bebas semakin kuat pengaruhnya terhadap variabel dependen. Hal ini menunjukkan besaran pengaruh variabel profitabilitas dan tingkat pertumbuhan penjualan adalah sebesar 0,702 atau 70,2% dan sisanya sebesar 29,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Table of Contents

Articles

PENGARUH PROFITABILITAS DAN TINGKAT PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PT.PERKEBUNAN NUSANTARA III (PERSERO) MEDAN PDF
Julita Julita, S.E., M.Si