PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DALAM MATA KULIAH EKONOMI MIKRO MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING METODE PEER LESSONS DI PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Radiman Radiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Ekonomi Mikro di Program Studi Manajemen antara sebelum dan setelah penerapan Model Pembelajaran Active learning Metode Peer lessons. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (experimental). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Semester Satu (I) Program Studi Manajemen yang terdaftar pada Tahun Akademik 2015/2016. Sedangkan teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik cluster random sampling, yaitu pengambilan jumlah mahasiswa sebanyak 2 kelas dari seluruh kelas yang ada. Dari 2 kelas tersebut diundi kelas mana yang menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Untuk menganalisis data penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar mahasiswa kelas D Manajemen Malam (kelas kontrol) dengan hasil belajar mahasiswa Kelas A Manajemen Malam (kelas eksprimen) pada Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara pada taraf signifikan 5% dengan penerapan model pembelajaran active learning metode peer lessons.

 

 


Keywords


Active Learning, Peer Lessons, Hasil Belajar

DOI:

https://doi.org/10.30596/jimb.v17i1.828


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmiah Manajemen dan  Bisnis is abstracting & indexing in the following databases: 

     


Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats