Petunjuk Penulisan

Penulis memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa:

  1. Manuskrip adalah karya orisinal dan tidak melibatkan kecurangan, fabrikasi, atau plagiarisme.
  2. Manuskrip belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan saat ini belum dipertimbangkan untuk dipublikasikan di tempat lain. Jika diterima oleh JMANBIS untuk dipublikasikan, tidak akan diajukan untuk dipublikasi di jurnal lain.
  3. Manuskrip tersebut tidak mengandung pernyataan yang memfitnah atau melanggar hukum dan tidak mengandung materi yang melanggar privasi individual, hak kepemilikan, atau hak cipta undang-undang.
  4. Penulis harus mencantumakn sitasi dari sumber mana kutipan tersebut di peroleh.
  5. Penulis penulis telah memberikan kontribusi signifikan untuk penelitian ini termasuk konsepsi dan perancangan artikel, analisis data, dan penulisan manuskrip.
  6. Penulis bertangungjawab atas isi dari manuskrip

PETUNJUK PENULISAN:

  1. Naskah manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan rentang jumlah kata antara 5000 – 10.000 kata, atau dalam jumlah halaman maksimum 15-20 halaman termasuk gambar dan tabel.
  2. Naskah harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 30 mm, margin kanan 30 mm, margin bawah 30 mm, dan margin atas 30 mm.
  3. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 12 pt (kecuali judul artikel, nama penulis dan judul abstrak), berjarak satu spasi, dan dalam format satu kolom  (kecuali bagian judul artikel, nama penulis, dan abstrak).
  4. Nasakh diawali dengan Judul Artikel, Nama Penulis, Alamat Afiliasi Penulis, diikuti dengan abstrak yang ditulis dengan huruf miring (Italic) sepanjang 150-200 kata.
  5. Jika artikel berbahasa Indonesia, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik dan benar. Jika artikel berbahasa Inggris, maka abstrak harus ditulis dalam bahasa Inggris saja.
  6. Pengiriman naskah manuskrip dilakukan secara Online Submission System di portal http://jurnalumsu.ac.id  atau  (http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/mbisnis). 
  7. Notifikasi penerimaan: dalam 30 (tiga puluh) hari setelah tanggal naskah dikirim.
  8. Cara Melakukan online Submission dapat di Klik di link berikut Submission Guidelines. 
Detail information download

DOWNLOAD PEDOMAN PENULISAN JMANBIS

DOWNLOAD MANUSCRIPT TEMPLETE JMANBIS

 

FORMAT ARTIKEL 

Pedanhuluan.  Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, masalah, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi kemukakan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut. 

Kajian Teori. . Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut dan bisa dituliskan pengembangan konseptual berdasarkan kajian-kajian penelitian terdahulu. 

Metode. Berisi metode yang digunakan dalam penelitian dan metode yang digunakan dalam pemecahan permasalahan termasuk metode analisis. Keterangan gambar diletakkan menjadi bagian dari judul gambar (figure caption) bukan menjadi bagian dari gambar. Metode-metode yang digunakan dalam penyelesaian penelitian dituliskan di bagian ini.

Hasil Dan Pembahasan. Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus didukung oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh?  Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan. 

Simpulan. Setiap artikel ditutup dengan kesimpulan yang merangkum jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.  Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. 

Referensi.  Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan daftar pustaka) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan.  Format penulisan yang digunakan di jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis adalah sesuai dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association).

Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka Lebih baik (Sangat Dianjurkan) menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya. DOWNLOAD CARA PENGGUNAAN MENDELEY 

Contoh Cara Penulisan Daftar Pustaka dengan format APA 6th Edition (American Psychological Association).

Referensi yang berupa majalah/jurnal ilmiah:

Islam, Md., Islam., Azim, A.Y., Anwar, Md. R. & Uddin, Md. M. (2014). Customer perceptions in buying decision towards Bangladeshi local apparel products. European Scientific Journal, 10(7), 482-497. 

Referensi yang berupa judul buku:

Schudy, C. (2010). Contextual Ambidexterity in Organizations: Antecedents and Performance Consequences (p.205). Switzerland: University of St. Gallen.

Rerefensi yang berupa Terjemahan:

Cresswell, J.W. 2008. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Third Edition. Sage Publication. California. Terjemahan A. Fawaid. 2010. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Cetakan 1. Pustaka Pelajar. Yogyakarta

Rerensi yang berupa Prosiding Seminar (dalam Proceding):

Fitri, I. Juwono, dan A. Sabar. 2012. Zakah Perspectives as a Symbol of Individual and Social Piety: Developing Review of the Meadian Symbolic Interactionism. Global Conference on Business and Finance Proceedings 7(1). Februari  3-6. The Institute of Business and Finance Research: 721-742. 

Pustaka yang berupa patent:

Hwang, H., (2010). Generalized structured component analysis with latent interactions. US Patent No, 5,576, 109. 

Referensi Terbitan Lembaga/Badan/Organisasi (Berisi Himpunan Peraturan, UU, dan sejenisnya):

Badan Pusat Statistik. (2015). Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi. Januari. BPS Jawa Timur. Surabaya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2010). Pendidikan Anti Korupsi untuk Perguruan Tinggi. Cetakan 1. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Bagian Hukum Kepegawaian. Jakarta. 

Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). 2011. Aset Tidak Lancar yang Dimiliki untuk Dijual dan Operasi yang Dihentikan. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No. 58 (Revisi 2009). DSAK-IAI. Jakarta. 

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 8 Juli 2003. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Jakarta. 

 

 

 




Jurnal Ilmiah Manajemen dan  Bisnis is abstracting & indexing in the following databases: 

        


Creative Commons License
Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

  

ISSN 1693-7619 (print) | ISSN 2580-4170 (online)

View My Stats