Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Vaksinasi Covid 19 Di Kelurahan Pejuang, Jawa Barat

Octari Auliati, Des Suryani, Nanda Sari Nuralita

Abstract


Vaksinasi COVID-19 masih kontroversi di masyarakat, sebagian sudah memiliki kesadaran yang tinggi, namun sebagian masih takut karena mendapat informasi yang salah, dan sebagian lagi mau divaksin karena takut tidak di izinkan masuk mall, hal ini menjadi masalah yang dihadapi pemerintah, terutama di Kelurahan Pejuang ini. Dalam KKN ini saya berinisiatif untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat secara online melalui whatsApp. KKN dengan memberikan informasi berkaitan Vaksinasi. Penyuluhan Vaksinasi COVID-19 menggunakan Microsoft PowerPoint dimulai dari penjelasan hingga diskusi tanya jawab. Tanya jawab sangat penting bagi peserta. Kegiatan ini memungkinkan dapat meningkatkan kesadaran dan wawasan pentingnya Vaksinasi COVID-19 di masa pandemi saat ini. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa masyarakat Kelurahan Pejuang antusias dan ada interaksi positif dari awal sampai akhir kegiatan berlangsung.

Keywords


Covid-19, Vaksinasi, Penyuluhan, KKN

Full Text:

PDF

References


Astuti, N., Nugroho, E., Lattu, J., Potempu, I., & Swadana, D. (2021). Persepsi Masyarakat terhadap Penerimaan Vaksinasi Covid-19: Litrature Review. Jurnal Keperawatan, 13(3), 569-580.

Ginting, N., Pradesyah, R., Amini, & Panggabean, H. S. (2021). Memperkuat Nalar Teologi Islam Moderat dalam Menyikapi Pandemi Covid-19 di Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Bandar Pulau Pekan. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 30-40.

Iskak, I., Rusydi, M., Hutahuruk, R., Chakim, S., & Ahmad, W. (2021). Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Tentang Pentingnya Vaksinasi di Mesjid Al-Ikhlas Jakarta Barat. Jurnal PADMA, 1(3), 222-226.

Nurhajijah, Fitria, & Harahap, W. U. (2020). Pembuatan Hand Sanitizer dan Alat Cuci Tangan dengan Injak di Desa Pematang Ganjang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 11-14.

Rahayu, R. (2021). vAKSIN cOVID 19 di Indonesia: Analisis Berita Hoax. Jurnal EkoSosHum, 2(7), 39-49.

Sepang, M. (2021). Penyuluhan Kesehatan Tentang Adaptasi Kebiasan Baru dan Pentingnya Vaksinasi Covid 19 pada Masyarakat di Desa Rumengkor Dua Kabupaten Minahasa. Jurnal Emas, 5(2), 39-46.

Yuliana, Y. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. WELLNESS Heal Mag, 187-192.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.