Bimbingan Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid - 19 di Desa Tanjung Gusta

Dinda Sapira, Mariati Mariati

Abstract


Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Dusun II Barat Desa Tanjung Gusta , Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang adalah kurangnya rasa menyadari adanya potensi di sekitar mereka yang mungkin bisa mereka gunakan sebagai sumber daya tambahan agar berguna bagi pendidikan masyarakat Dusun II Desa Tanjung Gusta. Salah satu program yang diterapkan di desa Tanjung Gusta adalah Bimbingan Belajar Anak- anak di desa tersebut. Tujuan diadakannya program BIMBEL adalah : 1) Untuk menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan; 2) Untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) Untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi. Hasil dari program BIMBEL ini adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu program BIMBEL ini juga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah.

Keywords


Bimbingan Belajar, Masa Pandemi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Bhakti, C. P. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Miliran, Muja Muju,Umbulharjo, Yogyakarta Program Pengembangan bimbingan Belajar Masyarakat. ARTIKEL KKN_DIVISI III.

Bhakti, C. P. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Miliran, Muja, Maju, Umbulharjo, Yogyakarta Program Pemngembangan Bimbingan Belajar Masyarakat. Artikel KKN_DEVISI III.

Masitah, W., & Setiawan, H. R. (2018). Pembuatan Media Pembelajaran Melalui Seni Decaupage Pada Guru Raudhatul Athfal Kecamatan Medan Area. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2).

Rosaningdyah, A. (n.d.). Pendampingan Belajar Siswa SD Saat Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Kabumen Sukerejo Kendal. kkn.unnes.

Yusnandar, W., Deliati, & Jufrizen. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausahan olahan Tahun Didesa Kotangan Kecamatan Galang Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 39-51.

Rosali, Ely Satiyasih. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasik Malaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE) Vol. 01 No.01

Rosaningdyah, A. (n.d.). Pendampingan Belajar Siswa SD Saat Masa Pandemi COVID-19 Di Desa Kabumen Sukerejo Kendal. kkn.unnes.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.