IbM PADI HAZTON DALAM MENINGKATKAN PRODUKSI PADI SAWAH

Muhammad Thamrin, Ainul Mardhiyah

Abstract


IbM dilaksanakan di Desa Namo Mirik Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang dengan mitra terdiri dari 2 kelompok tani yaitu: Kelompok Tani Tani Jaya dan Kelompok Karya Jaya. Tujuan program IbM adalah membentuk/mengembangkan sekelompok masyarakat yang mandiri secara ekonomi; membantu menciptakan ketentraman, dan kenyamanan dalam kehidupan bermasyarakat; dan meningkatkan keterampilan berpikir dan keterampilan lain yang dibutuhkan (softskill dan hardskill). Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan dari IbM ini adalah dengan melakukan penyuluhan atau sosialisasi tentang penanaman padi hazton di lahan sawah. Target yang diharapkan adalah mitra mampu melaksanakan penanaman padi hazton. Kegiatan dilaksanakan dengan melakukan penanaman sistem padi hazton, luas demplot 5 rante atau 0,2 Ha. Hasil produksi yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah 5,1 Ton/Ha sehingga terdapat peningkatan produksi rata-rata sebesar 1,1 Ton/Ha.


Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.