MODEL BATU BASAH (BACA TULISKAN, BACA SAMPAIKAN HASILNYA) UNTUK MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DI SMP NEGERI 13 DAN 14 BINJAI

Mandra Saragih, Habib Syukri Nasution

Abstract


Kegiatan IbM ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat baca siswa di sekolah, siswa juga mengalami kesulitan untuk menyampaikan hasil bacaannya dalam lisan dan tulisan, dan sekolah kesulitan dalam mengelola kegiatan literasi di sekolah karena belum semua warga sekolah berpartisipasi dalam kegiatan ini.Adapun metode yang ditawarkan pada kegiatan ini adalah dengan menerapkan pola Batu Basah yang merupakan akronim dari proses recepetif menjadi produktif yaitu Baca Tuliskan, Baca Sampaikan Hasilnya. Kegiatan program IbM ini dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pengelolaan kegiatan membaca kepada pengelola perpustakaan dan seluruh guru di lokasi mitra sebagai bagian penting dalam mengembangkan budaya baca ini. Kemudian beberapa siswa turut pula dilatih tentang tips membaca efektif. Di akhir program, sudah terjadi peningkatan minat baca siswa dan menurunnya tingkat kesulitan siswa dalam menyampaikan hasil bacaan. Ditambah lagi pihak sekolah sudah mulai tersistem dalam mengelola kegiatan literasi di sekolah sehingga semua warga sekolah berpartisipasi dalam kegiatan ini, dan sudah memiliki format untuk menyampaikan hasil bacaan baik dalam bentuk lisan dan tulisan.


Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.