MENINGKATKAN KEMAMPUAN MASYARAKAT GUNA MEMBERIKAN PERLINDUNGAN TERHADAP ANAK DARI KEKERASAN FISIK

Nursariani Simatupang, Zainuddin ,

Abstract


Anak sering menjadi objek kekerasan fisik di rumah, terutama di saat anak melakukan kesalahan, melalaikan kewajibannya, atau tidak mematuhi aturan yang ditetapkan oleh orang tuanya. Orang tua yang seharusnya memberikan perhatian dan kasih sayang, malah melakukan kekerasan fisik dengan alasan untuk mendisiplinkan anak.Permasalahannya adalah anggota masyarakat belum memahami sepenuhnya sepenuhnya tentang pentingnya perlindungan anak dari kekerasan fisik, tanggungjawab masyarakat terhadap perlindungan anak dari kekerasan fisik,serta kurangnya kemampuan masyarakat dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan perlindungan anak dari kekerasan fisik.Luaran yang akan dihasilkan adalah berupa penyuluhan guna memberikan perlindungan, pencegahan dan penanggulangan kekerasan fisik terhadap anak serta pelatihan memecahkan permasalahan terkait sehingga masyarakat memiliki kemampuan untuk memecahkan permasalahan terkait dengan kekerasan fisik terhadap anak. Selain itu pelaksanaan program dan hasilnya akan dimasukkan ke dalam jurnal ilmiah.Khalayak sasaran program adalah 70 orang anggota masyarakat Lingkungan III Pulau Brayan Darat II Medan dan 70 orang anggota masyarakat Kelompok Tani Purnakaryawan Desa Manunggal Deli Serdang. Kegiatan ini diisi dengan pemberian materi berkaitan dengankekerasan fisik terhadap anak, motifnya, dampaknya, upaya pencegahannya serta memberikan pelatihan hukum bagi masyarakat(anggota perkumpulan) melalui pemberian kasus terkait untuk diselesaikan masalahnya.


Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.