Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa) Di Desa Manunggal

Rini Ekayati, Muhammad Arifin Arifin

Abstract


 

Abstrak.

 

Pada wilayah Desa Manunggal, terdapat kelompok anak usia sekolah yang tergabung dalam Kelompok Mengaji Anak. Kelompok ini belum memiliki program  menggiatkan literasi yang saat ini sedang digakkan oleh pemerintah melalui Gerakan Literasi Masyarakat sebagai turuna dari GLN yang dikembangkan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Ditjen PAUD Dikmas), sebagai tindak lanjut dari program pemberantasan buta aksara yang mendapatkan penghargaan UNESCO pada tahun 2012 (angka melek aksara sebesar 96,51%). Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (GELIKAM RASA) bertujuan untuk memacu gerak literasi anak, meningkatkan minat menulis, dan menghasilkan karya sastra sebagai   upaya menigkatkan gerak literasi. Kegiatan GELIKAN RASA ini dilaksanakan dengan metode pendekatan sosial antar tim pelaksna dan mitra. Dengan bentuk kegiatan workshop penulisan kreatif, mitra telah mampu menciptakan hasil karya mereka dalam bentuk buku kumpulan cerita pendek (cerpen) yang ber ISBN.

 


Keywords


Gerakan Literasi; Karya Sastra;

Full Text:

PDF

References


Referensi

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti

https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/tentang-gln/. Diakses tanggal 10 Jauari 2020.

https://mediaindonesia.com/read/detail/129442-gerakan-literasi-nasional-resmi-diluncurkan. Sabtu, 28 Oktober 2017. Diakses tanggal 10 Januari 2020.

https://www.kompasiana.com/syarif1970/5c82f2baaeebe146156d40d4/apa-itu-menulis-kreatif?page=all




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.