Penguatan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara Pada Anak Panti Asuhan Al Munawarroh

Fatimah Sari Siregar, Erlindawaty Erlindawaty

Abstract


Abstrak

 

Anak-anak di panti asuhan Al-Munawwaroh berusia 5-13 tahun. Usia ini merupakan masa keemasan seorang anak (the golden age), yaitu masa ketika anak mempunyai banyak potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Permasalahan yang dihadapi anak-anak panti asuhan Al munawarroh adalah kurangnya kedisiplinan anak-anak di panti asuhan, walaupun mereka sudah diberikan jadwal kegiatan setiap hari, namun tetap saja ada yang melanggar karena kurang disiplin. Berikutnya rasa tidak bertanggung jawab, seperti tidak mengerjakan tugas dari guru sekolah dan tugas piket panti serta kurangnya rasa percaya diri pada kemampuan yang mereka miliki. Tahapan pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah program literasi, anak-anak diberikan jadwal membaca buku yang memiliki nilai-nilai-nilai karakter dari sumatera utara serta diberikan pemahaman pentingnya memilki karakter disiplin dan bertanggung jawab. Setiap pelaksanaan program, tim menilai serta mencatat tindakan anak-anak dan dilakukan refleksi untuk mengidentifikasikan hasil tindakan program. Hasil kegiatan terlihat perubahan karakter anak-anak panti asuhan menjadi lebih baik yaitu menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab.


Keywords


Masa keemasan,disiplin Tanggung jawab

Full Text:

PDF


Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.