Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah Kota Medan

Ismail Saleh Nasution, Ismail Hanif Batubara, Sriwahyuni Sriwahyuni

Abstract


Abstrak.

 

 Judul kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah “Pelatihan dan Pendampingan Penggunaan Software Geogebra Bagi Guru SMP Muhammadiyah di Kota Medan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan pengetahuan guru-guru matematika tentang software matematika dengan kurikulum 2013 yang disambut dengan kedatangan Menteri pendidikan baru serta pesatnya perkembangan teknologi informasi digital yang mulai memasuki dunia pendidikan. Atas dasar itulah, maka guru juga dituntut untuk meningkatkan kemampuannya di bidang IT dalam upaya mendukung proses pembelajaran yang efektif di era digital saat ini. Mitra kegiatan PKM ini adalah dua sekolah mitra UMSU, yakni SMP Muhammadiyah 04 Medan dan SMP Muhammadiyah 57 Medan. Guru-guru pada dua sekolah tersebut akan diberikan pelatihan penggunaan software geogebra.Target khusus yang ingin dicapai pada PKM ini adalah guru matematika kedua mitra mampu mengoperasikan Geogebra serta menjadikan Geogebra sebagai media pembelajaran. Target lainnya adalah Semua guru mitra PKM mampu mengoperasikan computer sebagai media pembelajaran sehingga keberadaan sarana seperti lab computer dan yang lainnya dapat digunakan oleh semua guru mitra PKM. Alhamdulillah setelah selesai PKM ini dilaksanakan guru-guru pada sekolah mitra tersebut berhasil mengoperasikan Software Geogebra dan menjadikannya sebagai salah satu media pembelajaran di sekolah.


Keywords


Pelatihan Software Geogebra SMP Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Batubara, IH. 2017. Improving Mathematical Critical Thinking Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. University of Muhammadiyah Sumatera Utara. V(6). 97-104. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/kumpulandosen/article/view/1368 Online Journal

_________. 2017. “Improving Concept Understanding Ability Through Problem Based Learning Assisted by Autograph and Geogebra at SMA Freemethodist Medan. Journal of Mathematics Education and Science. Vol (3) 47-54.,Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/219

_________. 2019. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra Pada Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak Di FKIP UMSU. Journal of Mathematics Education and Science. Vol 4 (2) 152-159.,Retrieved https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/1291

_________. 2019. Improving Student’s Critical Thinking Ability Through Guided Discovery Learning Methods Assisted by Geogebra. International Journal for Educational and Vocational Studies. Vol 1 (2) 116-119.,Retrieved from https://ojs.unimal.ac.id/index.php/ijevs/article/view/1371

_________. 2019. Peningkatan Kualitas Pengajaran Melalui Software Geogebra. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer. Vol 1 (3) 1-6.,Retrieved from http://widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/95

_________. 2020. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Metode Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. Journal Mathematics Education Sigma (JMES), Vol 1 (1) 24-28.,Retrieved from http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4015

Mahmudi, A. 2010. Membelajarkan Geometri dengan Program Geogebra. Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA UNY

Suyanto & Jiad, Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional.Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Esensi Erlangga Group

Suprijono, Aus. 2012. Cooperative Learning Teori Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.