Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Hots

Mandra Saragih, Habib Syukri Nasution

Abstract


Abstrak

Kurikulum 2013 sebagai acuan kegiatan belajar mengajar mengalami beberapa revisi. Hal tersebut membuat guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran seperti yang diamanatkan Kurikulum 2013. Kesulitan tersebut ialah dalam proses pelaksanaan pembelajaran dan penilaian berorientasi keterampilan berfikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS), dan keterampilan ini merupakan salah satu sasaran wajib pemerintah untuk menyiapkan peserta didik menghadapi persaingan indusrti abad 21 atau industri 4.0. Situasi ini membuat pihak sekolah membutuhkan pelatihan khusus dan intensif guna memahamkan guru tentang keterampilan berfikir tingkat tinggi (HOTS). Adapun metode yang diberikan pada kegiatan ini adalah menerapkan pola In On atau ( In Service dan On Service ). Kegiatan kemitraan masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan Guru dengan pola In-On untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan penilaian berbasis HOTS dengan memperkenalkan metode metakognitif dan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dilokasi sekolah mitra. Setelah dilakukan workshop, secara umum guru di SMP Muhammadiyah telah meningkat kemampuan dalam menyusun soal HOTS. Secara keseluruhan peningkatan mencapai 21, 5%. Workshop ini juga telah menghapus disparitas kemampuan guru dalam menyusun soal. Semua guru telah mampu menyusun indikator pembelajara berdasarkan kata kerja operasional masing-masing ranah pengatahuan dan ranah keterampilan.


Keywords


Pembelajaran, Penilain dan HOTS

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Gok, T. 2010. The General Assessment of Problem Solving Processes in Physics Educatioon. Gok, T. 2010.The General Assessment of Problem Solving Pr Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, , 2(2), 110-122

Sucipto. 2017. Pengembangan Ketrampilan Berpikir Tingkat Tinggi dengan Menggunakan Strategi Metakognitif Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Volume 2 Nomor 1 Tahun 2017. e-ISSN 2527-6891.

Saragih, M & Habib. (2017). Model Batu Basah (Baca Tuliskan, Baca Sampaikan Hasilnya) Untuk Mengembangkan Budaya Literasi Sekolah Di Smp Negeri 13 Dan 14 Binjai. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2.

Wiedarti, dkk. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.