Penerapan Pembelajaran dan Penilaian Berorientasi HOTS pada Masa Pandemi COVID 19 bagi Guru-guru Muhammadiyah

Rahmat Mushlihuddin, Sri Wahhyuni, Tua Halomoan Harahap, Rizky Chainur Hafni, Aini Suhaida

Abstract


Reformasi dalam bidang pendidikan di Indonesia adalah pembaharuan dalam sistem pembelajaran dan penilaian yang berorientasi pada Higher Order Thinking Skill (HOTS). HOTS diharapkan dapat lebih mendorong pengembangan kecakapan dan kreativitas berpikir siswa. SMP Swasta Muhammadiyah 12 Binjai, merupakan salah satu sekolah yang mengalami dampak reformasi tersebut. Namun kenyataannya belum semua guru mampu menerapkan pembelajaran beorientasi HOTS di dalam kelas dan belum semua guru mengetahui pembuatan soal untuk penilaian yang berorientasi pada HOTS.Tujuan umum dari kegiatan pengadian ini adalah untuk memaksimalkan kemampuan dan keterampilan guru dalam kegiatan belajar mengajar berorientasi HOTS. Sedangkan tujuan khususnya adalah guru mampu menerapkan pembelajaran dan penilaiaan berorientasi HOTS.Pengabdian akan dilaksanakan di sekolah mitra yaitu SMP Swasta Muhammadiyah 12 Binjai di Jl K. H. Ahmad Dahlan No. 4 Kel. Kartini, Kec. Binjai Kota, Kota Binjai. Metode kegiatan pengabdian adalah dengan melaksanakan workshop kepada mitra. Pelaksanaan pengabdian diawali dengan penyusunan RPP berorientasi HOTs selanjutnya menyusun penilaian pembelajaran berorientasi HOTs. Dengan kegiatan workshop diharapkan mitra dalam kegiatan belajar mengajar di SMP Swasta Muhammadiyah 12 Binjai beroirentasi HOTs.

Keywords


Pembelajaran HOTS; Penilaian HOTS; RPP; COVID 19

Full Text:

PDF

References


Manurung, Imelda D., dkk 2021. Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Nahdi D. S., 2019. Keterampilan Matematika Di Abad 21. Jurnal Cakrawala Pendas. Media Publikasi pada Bidang Pendidikan Dasar, 5(2)

Saragih, M., & Nasution, H. S. (2020). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis HOTS. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1).

Sumaryanta, 2018. Penilaian HOTs Dalam Pembelajaran Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 8(1)

Widana, I.W. 2017. Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTs). Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.




Alamat Penerbit/Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Jl. Kapt. Muchtar Basri No. 3 Medan, Telp. (061) 6638296 Homepage: https://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas Email: prodikmas@umsu.ac.id

 

Lisensi Creative Commons

Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.