Keberlanjutan Program CSR untuk Pemberdayaan Komunitas Salingka Kampus di Kelurahan Lambung Bukit, Kota Padang

Ferdhinal Asful

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan program CSR di PT Semen Padang, dan (2) Mengidentifikasi keberlanjutan program CSR di PT Semen Padang. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Lambung Bukit yang berada di Kecamatan Pauh, Kota Padang. Pemilihan tempat penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive). Desain penelitian ini berupa metode deskriptif dan jenis studi kasus, dimana dalam konteks penelitian, melalui metode ini dideskripsikan secara detail berbagai fenomena dan pola interaksi yang terjadi di komunitas yang menjadi mitra program CSR dan tujuan pertama di analisa dengan konsep prinsip pemberdayaan komunitas. Sedangkan analisa data untuk tujuan kedua mengacu kepada penelitian Anandini (2011) yang memuat lima indikator keberlanjutan program pemberdayaan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan program CSR PT Semen Padang di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang dari tahap persiapan, perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi, sudah mengedepankan dua prinsip pemberdayaan komunitas secara optimal, yakni : (1) berbasis komunitas serta (2) transparansi dan akuntabilitas. Namun beberapa prinsip pemberdayaan komunitas yang belum optimal dilaksanakan adalah : (1) partisipasi, (2) integrasi, serta (3) kolaborasi. Selanjutnya, adanya harapan yang sangat tinggi dari para pemangku kepentingan terkait keberlanjutan program CSR PT Semen Padang di Kelurahan Lambung Bukit, Kecamatan Pauh, Kota Padang dan secara umum harapan tersebut sudah sesuai dengan kenyataan. Namun apabila ditelusuri dari keempat aspek keberlanjutan, aspek lingkungan masih belum memenuhi harapan, sementara aspek kelembagaan, finansial, dan sosial budaya sudah memenuhi harapan para pemangku kepentingan.

Keywords


Keberlanjutan, CSR, Pemberdayaan

Full Text:

PDF

References


Abdul, Ghani Mohammad. (2016). Model CSR Berbasis Komunitas. Integrasi Penerapan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Korporasi. Bogor: IPB Press.

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Agustin, Revi Aisyianita. (2017). Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan di DI Jogjakarta melalui Pendekatan Kewirausahaan Sosial. Jurnal Media Wisata. 15(2). 11

Anandini, Fera. (2011). Identifikasi Prospek Keberlanjutan Kegiatan Penyediaan Air BersihBerbasis Masyarakat Setelah Program Water and Sanitation for Low Income Community 2 Berakhir (Studi Kasus: Kabupaten Bogor). Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota. 22(3). 161 178.

Asful, Ferdhinal; Satria, Beni; Junaidi, Indra; Armansyah; Putri, Afrianingsih. (2015). Identifikasi Komunitas dan Pemetaan Sosial dalam Rangka Perencanaan Program Tanggungjawab Sosial Perusahaan (CSR) PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I DPPU Terminal BBM Teluk Kabung. Laporan Penelitian. 174.

Iswari, Sutjahjo, Poerwanto, Seta, dan Bey. (2008). Indeks Keberlanjutan Pengembangan Kawasan Sentra Produksi Jeruk Berkelanjutan di Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat. Jurnal Hortikultura . 18(3).12.

Karlos. (2009). Dampak Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT. Perkebunan Nusantara III Kebun Rantauprapat terhadap Pendapatan dan Kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Labuhanbatu. Artikel Ilmiah dalam Wahana Hijau. Jurnal Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. 4(3).10.

Karomah, Umi Yaumidin. (2013). Kewirausahaan Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Tantangan Sinergi Multi-Sektor dan Multi-Dimensi. Jurnal Ekonomi Pembangunan. 21(1).

Mardikanto, Totok. (2013). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nanga, Muana. (2000). Mencermati Pergeseran dalam Paradigma Pembangunan. Jurnal Meditek. 8(2).13.

Neuman, W. Lawrence. (2013.) Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT.Indeks.

Ria, Asa Pranoto dan Dede Yusuf. (2014) Program CSR Berbasis Pemberdayaan Masyarakat MenujuKemandirian Ekonomi Pasca Tambang di Desa Sarijaya. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. 18(1).14.

Rukminto, Adi Isbandi. (2008). Intervensi Komunitas. Pengembangan Masyarakat sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers.

PT. Semen Padang. (2015.) Standard Operating Procedure CSR PT Semen Padang. Basinergi Mambangun Nagari




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3573

Refbacks

  • There are currently no refbacks.