Model Pendampingan Inkubator Bisnis Terhadap Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Medan

Lila Bismala, Dewi Andriany, Gustina Siregar

Abstract


Keberadaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro dalam perekonomian Indonesia mempunyai peran dalam membangun perekonomian nasional maupun sektoral. Lebih dari satu dasawarsa, masih ada banyak kendala dihadapi oleh para pelaku UKM. Telah banyak program pendampingan kepada para UKM yang dilakukan oleh pemerintah, namun pelaksanaan pendampingan tersebut berjalan dengan pola yang monoton. Maka diperlukan model pendampingan yang tepat, salah satunya lembaga yang berperan dalam pendampingan usaha adalah Inkubator Bisnis. Beberapa strategi yang dapat dirumuskan adalah Strategi Strength-Opportunity meliputi: (1) melakukan kerjasama antara unsur ABG (academik, business, governement), (2) mendampingi UKM agar produk yang dapat terjual di pasar. Strategi Weakness-Opportunity meliputi: (1) program kerja yang di dukung CSR Swasta, (2) mendampingi UKM yang berpotensi agar mendapatkan pendanaan dari CSR, (3) menjaring tenaga professional, (4) memperkuat sarana prasarana. Strategi Strength-Threat meliputi: (1) mengeluarkan regulasi yang mendukung program kerja incubator, (2) memperkuat SDM, (3) regulasi yang mempercepat pengembangan inkubator. Strategi Weakness-Threat meliputi: (1) melengkapi sara prasarana, (2) merekrut tenaga professional, (3) memperkuat struktur incubator.

Keywords


Strategi Pendampingan, Inkubator Bisnis Teknologi, Pengembangan Kapasitas

Full Text:

PDF

References


Abdullahi, N. A. (2017). Technology Business Incubation As Strategy For Entrepreneurship And Sme Development In Kano, Nigeria. Wukari Journal of Public Sector Management, 1(1), 93119.

Bismala, L. (2016). Analisis Swot Pada Implementasi Manajemen Produksi Umkm Di Sumatera Utara. In Seminar Nasional dan Call for Paper Dies Natalis FEB USU.

Bismala, L., & Handayani, S. (2017). Core Competency Factors And Smes Competitive Strategy. International Journal of Recent Scientific Research, 8(9), 2025720261. https://doi.org/10.24327/IJRSR

Elmansor, E., & Arthur, L. (2015). Entrepreneurship and SMEs through Business Incubators in the Arab World : Case Study of Jordan. Journal of Business and Economics, 6(10), 17911800. https://doi.org/10.15341/jbe(2155-7950)/10.06.2015/014

Moraru, C., & Rusei, A. (2012). Business Incubators Favorable Environment for Small and Medium Enterprises Development. Theoritical and Applied Economics, 5(570), 169176.

Munkongsujarit, S. (2016). Business Incubation Model for Startup Company and SME in Developing Economy : A Case of Thailand. In PICMET 16: Technology Management for Social Innovation Business (pp. 7481).

Ramkissoon-babwah, N., & Mc David, J. (2014). Selecting the Right Clients for a Business Incubator- Lessons Learnt from the National Integrated Business Incubator System (IBIS) Programme in Trinidad and Tobago. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development, 2(3), 1326. https://doi.org/10.15640/jsbed.v2n3-4a2

Theodorakopoulos, N., Kakabadse, N. K., & McGowan, C. (2014). What matters in business incubation? A literature review and a suggestion for situated theorising. Journal of Small Business and Enterprise Development, 21(4), 602622.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.