Program Inkubasi Bagi Tenant Inwall Di Pusat Kewirausahaan, Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Gustina Siregar, Dewi Andriany, Lila Bismala

Abstract


Program Kewirausahaan di Perguruan Tinggi dilaksanakan dalam bentuk Inkubator Bisnis yang merupakan suatu program dengan misi menghasilkan mahasiswa wirausaha yang mandiri berbasis ipteks, melalui program yang terintegrasi dengan melibatkan para dosen pengelola Inkubator, Stakeholder baik itu perbankan, investor serta Perusahaan dan Institusi kewirausahaan di luar kampus. Tenant membentuk dan meningkatkan ketrampilan untuk menunjang manajemen dan pemasaran produk di Inkubator Perguruan Tinggi yang telah dipersiapkan. Untuk memperluas wawasan dan jaringan pemasaran, Inkubator Bisnis juga berkolaborasi dengan lembaga-lembaga yang terkait dengan pengembangan kewirausahaan, yaitu Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan perdagangan, asosiasi wirausaha, dan lain-lain. Pelatihan skills dan manajemen dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan kewirausahaan, mendorong tumbuhnya motivasi berwirausaha, meningkatkan pemahaman manajemen (organisasi, produksi, keuangan, dan pemasaran) serta membuat rencana bisnis atau studi kelayakan usaha.

Metode pendampingan yang dilakukan yaitu melakukan pembinaan dengan memberikan dukungan pembinaan di bidang administrasi keuangan, manajemen, pemasaran, teknologi dan pencarian dana. Selanjutnya memberikan pelatihan dan konsultasi serta pendampingan.


Keywords


Inkubasi, Kewirausahaan, Inovasi, Inkubator, Bisnis

Full Text:

PDF

References


Buku Panduan Penyusunan Inkubator Bisnis. (2012)

Badan Pusat Statistik. (2014). Medan Dalam Angka, Badan Pusat Satistik Kota Medan

Dandan Irawan , Pembentukan Inkubator Bisnis. (2014)

___________(2013) Laporan Akhir Pengembangan Inkubator Bisnis Kerjasama dengan Perguruan Tinggi Tahun 2013 Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM UNS

Murbanto Sinaga. (2001). Inkubator Bisnis, Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara.

Riana Panggabean. (2008). Profil Inkubator Penciptaan Wirausaha baru, Deputi Bidang Pengkajian Sumberdaya UKMK.

Tamriatin Hidayah, Agustin Hariprasetyowati, Zainollah Zainollah. 2015. Ipteks Bagi Masyarakat (PKM) Kelompok Pengrajin Batik. Jurnal Relasi . 21.

Bismala, L. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur Dan Entrepreneurship, 5(1), 1926.

Bismala, L., & Handayani, S. (2017). Core Competency Factors And Smes Competitive Strategy. International Journal of Recent Scientific Research, 8(9), 2025720261. https://doi.org/10.24327/IJRSR

Bismala, L., Handayani, S., & Andriany, D. (2018). Conceptual Model Of Intermediate Small Business Competition Strategy : Strategy Review In Management Perspective. European Journal of Business and Management, 10(23), 1621.

Moraru, C., & Rusei, A. (2012). Business Incubators Favorable Environment for Small and Medium Enterprises Development. Theoritical and Applied Economics, 5(570), 169176.

Munkongsujarit, S. (2016). Business Incubation Model for Startup Company and SME in Developing Economy : A Case of Thailand. In PICMET 16: Technology Management for Social Innovation Business (pp. 7481).

Ramkissoon-babwah, N., & Mc David, J. (2014). Selecting the Right Clients for a Business Incubator- Lessons Learnt from the National Integrated Business Incubator System (IBIS) Programme in Trinidad and Tobago. Journal of Small Business and Entrepreneurship Development, 2(3), 1326. https://doi.org/10.15640/jsbed.v2n3-4a2.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3578

Refbacks

  • There are currently no refbacks.