Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU)

Dani Iskandar, Muhammad Irfan Bahari Nasution

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh keamanan terhadap keputusan pembelian, mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian,serta untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan, keamanan dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian secara parsial maupun simultan pada Mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMSU. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara yang menggunakan lazada sebagai tempat berbelanja online, kriteria penarikan sampel pengamatan yang dilakukan berjumlah 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dangan teknik analisis data menggunakan Uji Asumsi Klasik, Regresi Berganda, Uji t dan Uji F, dan Koefisien Determinasi. Secara parsial diketahui bahwa kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Secara parsial diketahui bahwa keamanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Secara parsial diketahui bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Secara simultan diketahui bahwa kepercayaan, keamanan dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Keywords


Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Andriany, D., & Arda, M. (2019). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. Festival Riset Ilmiah Manajemen & Akuntansi, 428432. Bandung: STIE STEMBI.

Arianty, N. (2015). Pengaruh Kualitaspelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Handphone Samsung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 6881.

Boone, & Kurtz. (2007). Pengantar Bisnis Kontemporer (11th ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Granito, H. (2008). Panduan Mendirikan dan Mengelola Distro Clothing Compani. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hakim, S. A., & Islanscript. (2011). Jualan Online Tanpa Modal. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Hasanuddin. (2011). 90 Insights for Marketing to Youth, Women, Netizen in Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, & Keller. (2009). Manajemen pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2012). Manajemen Pemasaran Perspektif Asia (1st ed.). Yogyakarta: Andy.

Kusumah, R. Z. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Waroeng Taman Singosari Di Semarang. Universitas Diponegoro.

Lita, R. . (2009). Kepercayaan pada Komitmen Loyalitas Pelanggan. Trikonomika. Trikonomika, 8(7177).

Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online (Survei Pada Konsumen www.lazada.co.id). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/49008/

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku Konsumen DalamPerspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Parasuraman. (2014). The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey: Prentince Hall.

Pratama, E. A. (2015). E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika.

Rama, & Jones. (2008). Sistem Informasi Akuntansi (2nd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Setiadi, N. (2010). Perilaku Konsumen (Edisi Revi). Bandung: Kencana Prenada Media Grup.

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi.

Utomo, E. P. (2009). Meraup Kekayaan Lewat Internet dengan Toko Online. Yogyakarta: MediaKom.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.