Peranan Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi dalam Pemberdayaan Masyarakat di Desa Citali, Kabupaten Sumedang

Wa Ode Zusnita Muizu, Prima Yusi Sari, Welly Larasakti Handani

Abstract


Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi merupakan sebuah organisasi kemasyarakatan di Desa Citali, Kabupaten Sumedang, dimana para anggotanya merupakan masyarakat sekitar yang memiliki keinginan untuk dapat memiliki kegiatan secara aktif. Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi telah berdiri sejak tahun 2007. Tujuan didirikannya Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi adalah guna mengembangkan keterampilan setiap anggotanya (skill) dibidang pertanian dan dapat mandiri dalam melakukan kegiatan sehari-hari atau mengatasi masalah dalam keluarga maupun bermasyarakat. Berbagai upaya yang dilakukan oleh pengelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Tali Wargi dalam mengembangkan keterampilan (skill) yakni melalui beberapa program yang terdiri dari perternakan, pemanfaatan lahan perkarangan, simpan pinjam dan pembuatan aneka olahan makanan.

Keywords


Kelompok Wanita Tani, pemberdayaan, program.

Full Text:

PDF

References


Hermanto. (2007). Rancangan Kelembagaan Tani dlam Implementasi Prima Tani di Sumatera Selatan. Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, 5(2), 110125.

Kurniyati, Y., Rahmawati, F., & Suryati, P. (2014). Optimalisasi Pemanfaatan dan Diversifikasi Olahan Pangan Lokal sebagai Upaya Pemberdayaan Masrakat. INOTEKS, 18(1).

Nasrul, W. (2013). Peran Kelembagaan Lokal Adat dalam Pembangunan Desa. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 14(1), 102109.

Saptaningsih, & Sumarni. (2009). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Alokasi Belanja Modal Daerah Kabupaten/ Kota di Provinsi D.I. Yogyakarta. Akmerupa UPY, 4.

Wiranti, D. (2016). Hubungan Antara Tingkat Pertisipasi dengan Produktivitas Anggota Kelompok Wanita Tani Kania dalam Produksi Susu Karamel di Desa Tajur Halang Cijeruk Bogor. Fakultas Ekologi Manusia, IPB, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.