Faktor Pendorong dan Penghambat Pengadopsian E-Commerce Pada Usaha Kecil dan Menengah di Kota Medan

Mutia Arda, Delyana R Pulungan

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah merupakan dinamisator pertumbuhan ekonomi pasca krisis ekonomi. Perkembangan internet yang pesat berdampak pada munculnya e-commerce. Sebagian besar pelaku bisnis telah merasakan manfaat kesuksesan e-commerce, namun juga tidak sedikit pula pelaku bisnis yang mengalami kegagalan bahkan masih ada yang tidak mengetahui apakah e-commerce tersebut telah meraih kesuksesan atau tidak. Penelitian ini membandingkan kesuksesan atau kegagalan e-commerce yang ditentukan oleh bagaimana perusahaan dapat meminimalisir faktor penghambat dan memaksimalkan faktor pendorong kesuksesan. Faktor-faktor tersebut adalah internal drivers, external drivers, internal obstacles dan external obstacles. Sampel penelitian adalah 96 UKM di Kota Medan yang memiliki akun e-commerce. Teknik analisis yang digunakan multiple regression. Hasil pengolahan statistik deskriptif diketahui mayoritas UKM bergerak dalam bidang fashion. Serta Shopee lebih banyak digunakan para pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa internal dan external driver berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesuksesan e-commerce. Sedangkan internal obstacles tidak signifikan terhadap kesuksesan e-commerce serta external obstacles berpengaruh negatif terhadap kesuksesan e-commerce.

Keywords


Kesuksesan, E-Commerce, Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Full Text:

PDF

References


Andriany, D., & Arda, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. 428432.

Cozby, P. C., & Bates, S. C. (2012). Methods in Behavioral Research. Singapore: Mc Graw Hill.

Deloitte. (2015). UKM pemicu kemajuan Indonesia: instrument pertumbuhan nusantara. Deloitte Access Economics. Australia.

Hartman, A. (2002). Net Ready. 1st edition ed. United States: McGraw-Hill Companies.

Harmawan, Bagus Nuari (2018, 25 Oktober). Hambatan UMKM Go Online. Dikutip 18 Juni 2019 dari https://news.detik.com/kolom/d-4272888/hambatan-umkm-go-online.

Kirzner, M. I. (2013). Competition and Entrepreneurship. New York: Liberty Fund.

Kotler, Philip., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Limthongchai, Passachon., & Speece, Mark. (2003). The Effect of Perceived Characteristics of Innovation on E- Commerce Adoption by SMEs. The College of Information Science and Technology, 2(3), 192-221.

Longenecker, J., & Moore, C. (2010). Small Business Management: An Entrepreneurial Emphasis. New York: SWC Publishing.

Nguyen, T.H. & Wearing, T.S. (2013). E-Commerce adoption of customer relationship management (CRM) Technology in SMEs: an empirical study. Journal os Small Business & Enterprise Development, 20(4), 824-848.

Ningtyas, PK., Sunarko B, Jaryono. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Adopsi E-Commerce dan Pengaruhnya terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Performance, 21(1), 1

Maret 2015.

OECD. (2016). The Economic and Social Impact of electronic Commerce: Preliminary Findings and Research Agenda (Notations Edition ed.). Februari. Organization for Economic Cooperation and Development. Paris, France.

Panji, A. (2014). 4 Tantangan Bisnis E Commerce di Indonesia. Dikiutip 18 Juni 2019 dari Tekno, Kompas, http://tekno.kompas.com.

Quaddus, M., & Achjari, D. (2015). A Model For Electronic Commerce Success. Elsevier (Telecomunication Policy), (26), 127 152.

Rahayu, Rita & Day, John. (2015). Determinant Factors of E Commerce Adoption bu SMEs in Developing Country : Evidence from Indonesia. Procedia- Sociial & Behavioural Science, 195(2015), 142-150.

Suciani, Ratih Dwi. (2010). Strategi Bersaing Bisnis E-Commerce dalam Pilihan Alternatif Strategi Generik. Tesis. Program Pasca Sarjana Ilmu Administratsi. Universitas Indonesia.

Tiago, 0 & Maria, F.M. (2010). Understanding e business adaption across inndustries in Europe

countries. Industrial Management & Data System, 110(9), 1337-1354.

Valipour, Hashem., Hamid Birjandi & Samira Honarbakhsh. (2012). The Effects of Cost Leadership Strategy and Product Differentiation Strategy on the Performance of Firms. Journal of Asian Business Strategy, 2(1), 14-23.

Zhu,K, & Kraemer,K. L. (2015). Post adopstions variations in usage and value of e business by organizations : cross country evidence from theretail industry. Informastion System Research, 16(1),61-84.

Andriany, D., & Arda, M. (2017). Pengaruh Media Sosial Terhadap Impulse Buying Pada Generasi Millenial. 428432.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.