Implementasi Business Model Canvas Pada CV. Media (Penerbit dan Distributor Buku Pelajaran PAUD)

Rizka Harfiani, Munawir Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Business Model Canvas (BMC) yang telah diimplementasikan oleh CV. Media yang merupakan sebuah perseroan komanditer yang bergerak di bidang usaha penerbit dan distributor buku pelajaran untuk PAUD yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Jenis Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dukumentasi. Wawancara dilakukan dengan tujuh informan yaitu direktur, staf keuangan, staf administrasi, staf marketing, staf pergudangan, penulis buku dan pelanggan. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CV. Media telah berhasil menjalankan bisnis dengan mengimplementasikan sembilan elemen BMC, hal ini terlihat dari semakin meningkatnya income perseroan setiap tahunnya.

Keywords


Implementasi, Business Model Canvas

Full Text:

PDF

References


Alamsyach, N. (2017). Strategi Pengembangan Usaha Melalui Business Model Canvas (Studi Kasus: Industri Kecil Gethuk Lawu). Skripsi. Jurusan Teknik Industri. Fakultas Teknik. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Amirullah. (2013). Untung Besar Pebisnis Buku Sekolah.

https://nasional.tempo.co/read/500152/untung-besar-pebisnis-buku-sekolah/full&view=ok

Diakses pada tanggal 15 September 2019, 09.52 AM.

Azhar, R.M., Suparno, O. & Djohar, S. (2017). Pengembangan Model Bisnis Pada Lokawisata Baturaden Menggunakan Business Model Canvas. Jurnal Manajemen IKM, 12(2), 137-144.

Gondosaputro, H.R. (2017). Analisis Business Model pada CV. Triputra Perkasa. Agora 5(1).

Gunawan, M.F. (2016). Perancangan Business Model Canvas Sebagai Alternatif Strategi Bisnis Budidaya Ikan Gurame (Studi Kasus: Pada UKM Mitra Mina, Desa Sridadi, Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Lubis, dkk. (2016). Pengantar Kewirausahaan. Medan: Perdana Publishing

Osterwalder, A. & Pigneur, Y.Ves. (2012). Business Model Generation. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo

Pratami, N.W.C.A. (2016). Penerapan Bisnis Model Kanvas Dalam Penentuan Rencana Manajemen Usaha Jasa Pengiriman Dokumen di Denpasar. Jurnal Sistem dan Informatika.

Ramadhan, D., Susanto, J. & Arianti, R.A. (2019). Application of Canvas Model Business Analysis: Case Study of Free Power Business. Journal of Agribusiness Sciences, 2(2), 53-58.

Setiawan, A. & Eka, M. (2017). Analisis Bisnis Model Pada DriverBDG Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas. Proceeding of Management, 4(3), 2968.

Siahaan, T. & Sisilia, K. (2017). Analisis Model Bisnis Dari Galeripos.com Dengan Menggunakan Business Model Canvas.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.