Pemberdayaan Siswa Melalui Edukasi Keuangan Sejak Dini Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Cerdas Mengelola Uang

Muhammad Sadri

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak usia dini, mengenal uang dengan benar, mengelola uang dengan bijaksana, pentingnya menabung untuk masa depan, sehingga anak-anak memiliki tingkat pengetahuan dan keterampilan dasar mengelola keuangan dengan baik dan benar. Kegiatan dilaksanakan di Desa Pisang Pala Kecamatan Galang dengan target anak-anak yang berada pada kelas 5 dan kelas 6 SDN 101979 dan SD Inpress. Luaran kegiatan adalah tingkat literasi keuangan anak anak berubah dari not literate menjadi minimal less literate atau bisa menjadi well literate, kemudian akan dituangkan dalam artikel yang diterbitkan pada prosiding atau jurnal nasional. Metode edukasi dilakukan melalui sosialisasi dan edukasi dengan menyampaikan materi secara langsung, praktek membuat celengan dari botol minuman bekas, dan focus group discussion sehingga bisa melihat langsung umpan balik dan perkembangan peserta pengabdian. Hasil yang diperoleh ternyata anak-anak memiliki tingkat literasi keuangan yang rendah, mengenal uang hanya sebagai alat membeli atau memperoleh sesuatu yang diinginkan, tidak memiliki tabungan yang aktif, dan ternyata anak-anak menyebutkan bahwa orang tua mereka tidak mengarahkan untuk menabung, dan uang saku yang diberikan hanya untuk jajan atau membeli mainan. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, memberikan banyak pertanyaan dan mengikuti seluruh instruksi yang diberikan oleh tim pengabdi.

Keywords


Literasi keuangan, Anak, Usia Dini, Uang, Tabungan

Full Text:

PDF

References


Gunawan, A., Pulungan, D. R., & Koto, M. (2018). Peran Literasi Keuangan Pada Kemampuan Pengelolaan Keuangan Untuk Persiapan Masa Pensiun Secara Mandiri (Studi Kasus Pada Dosen Fakultas Ekonomi & Bisnis UMSU). Medan.

Kusuma, D. R. (2014). Melek Keuangan Masyarakat Indonesia Masih di Bawah Singapura dan Malaysia.

Otoritas Jasa Keuangan. (2016). No Title.

Pulungan, D. R. (2017). Literasi Keuangan Dan Dampaknya Terhadap Perilaku Keuangan Masyarakat Kota Medan. EKONOMIKAWAN: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 17(1), 5661. https://doi.org/10.30596/ekonomikawan.v17i1.1180

Pulungan, D. R., Murviana, K., & Syahfitri, L. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Hedonis Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa. Seminar Nasional Royal (SENAR), 1(1), 401406.

Rapih, S. (2016). Pendidikan Literasi Keuangan Pada Anak: Mengapa dan Bagaimana? Scholaria, 6(2), 1428.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.