Pelatihan Manajemen Keuangan Berbasis Excel pada Unit Up2k di Desa Galang Suka

Fetra Venny Riza, Rizka Ariani

Abstract


Salah satu kegiatan KKN di desa Galang Suka, kecamatan Galang, kabupaten Deli Serdang oleh mahasiswa UMSU pada tahun 2019 ini salah satunya adalah untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen pembukuan akuntansi untuk UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) yang tergabung didalam unit UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga). Pada umumnya pelaku usaha ini bergerak didalam bidang makanan ringan yang dihasilkan sendiri seperti keripik, kerupuk dan kacang2an. Bahkan ada juga keluarga yang memproduksi bahan dasar untuk usaha makanan ringan tersebut seperti tempe. Pada temuan awal didpati bahwa semua anggota UP2K yang ditemui belum mepunyai pembukuan keuangan usaha yang memadai. Pada kegiatan ini dibuatlah satu bentuk pembukuan keuangan akuntansi untuk usaha sederhana, yang diharapkan setelah kegiatan ini, sistem pembukuan tersebut dapat dipergunakan untuk meningkatkan kinerja manajemen usaha.

Keywords


UMKM, UP2K, Pembukuan, Akuntansi, kinerja, manajemen

Full Text:

PDF

References


Hani, S., & Fauzi, Z. (2017). PERSEPSI PELAKU UKM TERHADAP PENYELENGGARAAN LAPORAN KEUANGAN Jurnal Akuntansi, Keuangan dan Perpajakan Indonesia, 5(2).

Harto, P. (2011). KAJIAN TERHADAP KAPABILITAS PEMBUKUAN USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) DALAM MENDUKUNG PERILAKU KEPATUHAN WAJIB PAJAK. Jurnal Akuntansi, XV(03), 327-343.




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.