Kinerja Sumberdaya Organisasi Dalam Perspektif Kewirausahaan Sebagai Upaya Peningkatan Keuntungan Usaha UMKM

Hazmanan Khair

Abstract


Pencapaian keuntungan suatu usaha harus didukung dengan berbagai potensi yang dimiliki oleh sumber daya organisasi. Modal besar tidak menjamin keberlanjutan pencapaian keuntungan yang maksimal jika manajemen sumber daya manusia tidak dilakukan secara profesional. Perpaduan diantara sumber daya yang dimiliki organisasi yang akan menentukan keberhasilan suatu usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara konseptual peran kinerja suatu sumber daya organisasi terhadap keuntungan suatu usaha Data dikumpulkan dengan studi konseptual dan studi beberapa kasus di perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif sederhana.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja sumber daya manusia, kinerja sumber daya teknologi, kinerja keuangan suatu usaha akan memberi dampak kepada keuntungan UMKM. Studi ini merekomendasikan untuk melakukan studi lapangan di UMKM sebagai pembuktian hasil studi konseptual dari penelitian ini.

Keywords


Kinerja, sumber daya organisasi, keuntungan, kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Azeem, Hohammad S. (2010). Job Satisfaction and Organizational Commitment among Employees in the Sultanate of Oman, Scientific Research, vol.1. pp295- 299.

Dahesihsari, Rayini dan Seniati, Ali Nina L. (2002). Hubungan Antara Peran Jenis Kelamin, Fear of Success dan Kesukubangsaan Dengan Komitmen Dosen Perempuan Terhadap

Organisasi. Anima Indonesian Psychological Journal, Vol. 17, No. 4. 332 345.

Johnson, E. (2018) Seven Money Mistakes Young Entrepreneurs make. Available at: https://www.entrepreneur.com/article/220116.

Khair, H. (2017) Manajemen Kompensasi. Medan: Madenatera.

Komaryatin, N. (2012) Pengembangan Faktor Produksi Untuk Meningkatkan Pendapatan Petani Garam, in Prosiding Seminar & Konferensi Nasional Manajemen Bisnis, pp. 193200.

Kotler, Philip. The Ten Deadly Sins of Marketing. John Wiley and Sons Inc. cetakan 1.

Luthans, F. (2002). Organizational behavior . 10th ed., McGraw-Hill, Singapore

Mulyadi. 2001. Konsep, Manfaat dan Rekayasa. Jakarta: Salemba Empat




DOI: https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.