Analisis Komparatif Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan JNE dan J&T dalam Perspektif Islam

Zulaika Matondang, Hamni Fadlilah Nasution, Aprilia Maisyaroh Hasibuan

Abstract


JNE dan J&T merupakan top brand perusahaan jasa pengiriman barang yang bekerja sama dengan e-commerce dalam hal pengantaran barang dari penjual kepada konsumen. Akan tetapi dari observasi yang dilakukan, banyak keluhan dari konsumen atas ketidakpuasan mereka terhadap pelayanan yang diberikan kedua perusahaan jasa pengiriman barang tersebut. Pelayanan adalah setiap keiatan yang diperuntukkan untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, dan kepuasan konsumen merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan kinerja (hasil) produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis komparatif, dengan sampel sebanyak 100 responden dengan teknik pengambilan sampel yaitu accidental sampling, Adapun analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji beda yaitu Independent Sample T-Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan pada perusahaan jasa pengiriman JNT dan J&T.

Full Text:

PDF

References


Ayu, S., & Lahmi, A. (2020). Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 9(2), 114. https://doi.org/10.24036/jkmb.10994100

A’yuni, Q., & Itmam, M. S. (2022). Analisis Tanggung Jawab Perusahaan Jasa Ekspedisi Perspektif Fikih Muamalah (Studi Kasus Mitra Ninja Xpress Cabang Damaran Kudus). JIMSYA: Jurnal Ilmu Syariah, 1(1). https://jim.iainkudus.ac.id/index.php/JIMSYA/article/view/7

Candrianto. (2021). Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. Literasi Nusantara Abadi.

Damanik, K., Sinaga, M., Sihombing, S., Hidajat, M., & Prakoso, O. S. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan, Kebijakan Publik dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 5(2), 76–85. https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i2.1834

Erwin Putra Rasul Dafana, Riska Putri Dinarti, & Muhammad Yasin. (2024). Menganalisis Potret Industri Indonesia Berdasarkan Industri Pengolahan Migas dan Non-Migas. Trending: Jurnal Manajemen dan Ekonomi, 2(3), 121–127. https://doi.org/10.30640/trending.v2i3.2675

Fauza, M. (2023). ETIKA AKAD ANTARA PENJUAL, PEMBELI DAN JASA KURIR DALAM SISTEM CASH ON DELIVERY (COD) DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM. AT-TASYRI’: JURNAL ILMIAH PRODI MUAMALAH, 15(1), 94–108. https://doi.org/10.47498/tasyri.v15i1.1734

Fitrianti, D., & Sonani, N. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan di Industri Pariwisata di Jawa Barat. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 1(3), 140–147. https://doi.org/10.57250/ajsh.v1i3.43

Hidayat, W., & Sulistyani, L. (2022). Effek Kualitas Produk, KualitasPelayanan Terhadap Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variable Intervening Pada Perusahaan Jasa Konstruksi CV Muna Sariy Jaya. Excellent, 9(1), 7–18. https://doi.org/10.36587/exc.v9i1.1233

Maimunah, S. (2020). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PERSEPSI HARGA, CITA RASA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS KONSUMEN. IQTISHADequity jurnal MANAJEMEN, 1(2). https://doi.org/10.51804/iej.v1i2.542

Mumtaza, F. A., & Millanyani, H. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA URBANS TRAVEL. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(2), 1645–1661. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3242

Nugraheni, N., & Suyanto, A. (2021). ANALISIS KOMPARATIF KUALITAS PELAYANAN PADA JASA PENGIRIMAN JNE EXPRESS DAN J&T EXPRESS DI INDONESIA. Mega Aktiva: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 10(1), 12. https://doi.org/10.32833/majem.v10i1.145

Nurrokhman, A., Trihandayani, E., & Nurapipah, A. (2024). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA SPA DENGAN METODE SERVICE QUALITY (SERVQUAL) DAN TEORIYA RESHENIYA IZOBREATATLSKIKH ZADATCH (TRIZ) DI ALEENAHOZ BEAUTY JAKARTA. Jurnal Riset Jakarta, 16(1). https://doi.org/10.37439/jurnaldrd.v16i1.84

Pratama, Y. Y., & Zulkarnain, L. (2024). ANALISIS PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus Pelanggan Spesialis Aqiqah Pondok Petir). GREAT: Jurnal Manajemen dan Bisnis Islam, 1(2). https://doi.org/10.62108/great.v1i2.757

Roflin, E., & Pariyana. (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT. Naya Expanding Management.

Sianturi, G. A. E., Muliani, L., & Rukmini Sari, H. P. (2021). PENGARUH CITA RASA DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN RAGUSA ES KRIM ITALIA. Destinesia : Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 3(1), 35–49. https://doi.org/10.31334/jd.v3i1.1803

Sianturi, R. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Siregar, S. (2014). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. PT. Bumi Aksara.

Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian. Innosian.




DOI: https://doi.org/10.30596/aghniya.v6i2.22405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

Flag Counter

Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam

Faculty of Islamic Religion,Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Address: Kampus Utama Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan Sumatera Utara-20238.

E-mail: aghniya@umsu.ac.id