Kejujuran Dalam Transaksi Ekonomi: Analisis Hermeneutika Ma’nā-cum-Maghzā Terhadap QS. Hud [11]:84

Buhari Imran, Azhari Akmal Tarigan, Rahmi Syahriza

Abstract


Penelitian ini mengkaji QS. Hud [11]:84 dengan pendekatan hermeneutika Ma’nā-cum-Maghzā untuk menggali pesan moral dan keadilan yang terkandung dalam ayat tersebut. Ayat ini mengandung seruan Nabi Syu’aib kepada kaumnya untuk berlaku jujur dalam muamalah, menyempurnakan takaran dan timbangan, serta menghindari perilaku curang yang dapat menimbulkan kerusakan di muka bumi. Pendekatan hermeneutika Ma’nā-cum Maghzā digunakan untuk memahami relevansi ayat ini dalam konteks kontemporer, khususnya dalam menghadapi tantangan ekonomi modern yang kompleks. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis literatur, di mana data-data primer dari Al-Qur'an dan hadis dianalisis secara intratekstual dan intertekstual untuk memahami makna holistik ayat. Sumber sekunder seperti tafsir klasik dan kontemporer, serta referensi terkait, digunakan untuk memperkuat interpretasi. Studi ini juga mengadopsi metode analisis kontekstual untuk menjembatani relevansi nilai nilai Al-Qur'an dengan tantangan modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai universal dalam ayat ini, seperti kejujuran, keadilan, dan larangan kecurangan, sangat relevan untuk diterapkan dalam sistem ekonomi syariah modern, baik dalam ranah perdagangan, regulasi, maupun pendidikan moral. Dengan demikian, QS. Hud [11]:84 bukan hanya berfungsi sebagai pedoman spiritual, tetapi juga sebagai landasan etis untuk membangun sistem sosial dan ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan.

Full Text:

PDF

References


Ashur, M. al-T. I. (1997). Tafsir al-Tahrir wa al-Tanwir (Jilid 8). Tunis, Tunisia: Dar Sahnoun li al-Nashr wa al-Tawzi’.

Abduh, M., & Ridha, M. R. (2010). Tafsir Al-Manar (Jilid 12). Kairo: Dar al-Manar.

Abdul Majid, L., & Nayan, S. (2021). Ratio-Legal Fazlur Rahman’s Hermeneutics and Its Influence on Sisters-In-Islam. Jurnal Living Hadis, 6(1), 105. https://doi.org/10.14421/livinghadis.2021.2648

Ahmad, H. (2023). Mapping Neo-Modern and Postmodern Qur’ānic Reformist Discourse in the Intellectual Legacy of Fazlur Rahman and Mohammed Arkoun. Religions, 14(5), 595. https://doi.org/10.3390/rel14050595

Ahmadi, A. Z., Afifah, A. M., Qarar, W., & Atiqi, H. (2024). Understanding Islamic Economics as an Islamic Moral Economy. COMSERVA : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(5), 1080–1088. https://doi.org/10.59141/comserva.v4i5.2172

Akbar, A. (2021). Philosophical hermeneutics and contemporary Muslim scholars’ approaches to interpreting scripture. Philosophy and Social Criticism, 47(5), 587–614. https://doi.org/10.1177/0191453720931912

Al-Alusi, S. M. (1994). Rūḥ al-Ma’ānī fī Tafsīr al-Qur’ān al-’Aẓīm wa al-Sab’ al-Mathānī (Tafsir Al-Alusi) (Jilid 9). Beirut: Dar Ihya al-Turath al-Arabi.

Al-Alusi, S. M. bin A. al-H. (1994). Rūḥ al-Ma’ānī fī Tafsīr al-Qur’ān al-’Aẓīm wa al-Sab’ al-Mathānī (Jilid 9). Beirut: Dār al-Kutub al-’Ilmiyyah.

Al-Asqalani, A.-H. I. H. (2021). Fath al-Bari bi Syarh Sahih al-Bukhari (Jilid 4). Jakarta: Pustaka Azzam.

Al-Biqa‘i, I. bin U. (1995). Nazm al-Durar fi Tanasub al-Ayat wa al-Suwar. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Bukhari, I. M. bin I. (2001). Shahih Al-Bukhari (Hadis, 10). Riyadh: Dar Tauq al-Najah.

Al-Ghazali, A. H. M. bin M. (1996). Al-Mustashfa Min Ilm Al-Usul (Jilid 1). Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-Qaradawi, Y. (2010). Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Qurthubi, I. A. ’Abdullah M. ibn A. (2014). Al-Jami’ li Ahkam al-Qur’an (Jilid 7). Beirut: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah.

Al-Razi, A. A. M. bin U. bin A.-H. (2000). Tafsir al-Kabir (Jilid 6). Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-’Arabi.

Al-Razi, F. (1999). Mafātīḥ al-Ghayb (Tafsir al-Kabir) (Jilid 20). Beirut: Dar Ihya al-Turath al-Arabi.

Al-Sabuni, M. A. (1997). Al-Tafsir al-Muyassar (Jilid 2). Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-Saʿdi, A. al-R. ibn N. (2000). Tafsīr al-Karīm al-Raḥmān fī Tafsīr Kalām al-Mannān (Tafsir As-Sa’di) (Jilid 5). Beirut: Muʾassasat al-Risālah.

Al-Suyuti, J. ad-D., & Al-Mahalli, J. ad-D. (2005). Tafsir al-Jalalayn (Jilid 1). Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-Ṭabarī, M. ibn J. (2001). Jāmiʿ al-Bayān fī Taʾwīl al-Qurʾān (Tafsir al-Ṭabarī) (Jilid 12). Kairo: Dār al-Maʿārif.

Al-Zamakhshari, A. al-Q. M. bin U. (2008). Tafsir al-Kashshaf (Jilid 1). Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al Jufri, M. A. (2021). Reading MUhammad Arkoun’s Thought on The Discourse Contemporary Qur’anic Studies: An Introduction to the Study of QS. Al-Fatihah [1]: 1-7. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies, 84–106. https://doi.org/10.20885/ijiis.vol.5.iss1.art4

Alak, A. I. (2023). The Islamic Humanist Hermeneutics: Definition, Characteristics, and Relevance. Islam and Christian-Muslim Relations, 34(4), 313–336. https://doi.org/10.1080/09596410.2023.2282842

An-Naisaburi, I. M. bin al-H. al-Q. (2005). Shahih Muslim (Hadis 102). Beirut: Dar Ihya’ at-Turath al-‘Arabi.

An-Nawawi, A. Z. Y. bin S. (2002). Syarh Shahih Muslim (Jilid 2). Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-’Arabi.

At-Thabari, A. J. M. bin J. (2001). Jāmi‘ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān (Tafsir At-Thabari) (Jilid 3). Beirut: Mu’assasah ar-Risalah.

At-Tirmidzi, I. A. I. M. bin I. (2000a). Sunan At-Tirmidzi (Hadis 1209). Beirut: Dar Ihya’ at-Turath al-‘Arabi.

At-Tirmidzi, I. A. I. M. bin I. (2000b). Sunan At-Tirmidzi (Jilid 3). Beirut: Dar Ihya’ al-Turath al-’Arabi.

Ath-Thabari, I. A. J. M. bin J. (2000). Jāmi’ al-Bayān fī Ta’wīl al-Qur’ān (Jilid 12). Beirut: Muassasah ar-Risalah.

Az-Zuhaili, W. (2009a). Tafsir al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari‘ah wa al-Manhaj (Jilid 12). Damaskus: Dar al-Fikr.

Az-Zuhaili, W. (2009b). Tafsir Al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari‘ah wa al-Manhaj (Jilid 3). Damaskus: Dar al-Fikr.

Az-Zuhaili, W. (2009c). Tafsir Al-Munir fi al-‘Aqidah wa al-Syari‘ah wa al-Manhaj (Jilid 10). Damaskus: Dar al-Fikr.

Baqi, M. F. A. (1998). Al-Mu’jam al-Mufahras li Alfaz al-Qur’an al-Karim. Kairo: Dar al-Hadith.

Barsihannor, Ilham, M., Saputra, A. T., & Syatar, A. (2023). Abdullah Saeed’s Construction of the Hierarchy of Values in the Qur’ān: A Philosophical Hermeneutic Perspective. Journal of Islamic Thought and Civilization, 13(1), 119–132. https://doi.org/10.32350/jitc.131.09

Bary, S., & Zakirman, Z. (2020). Hermeneutika Friedrich D.E. Schleiermacher sebagai Metode Tafsir Al-Qur’an (Kajian ayat ikhlāṣ; jilbāb; sayyārah; dan al-hudā). Journal of Qur’an and Hadith Studies, 9(1), 51–70. https://doi.org/10.15408/quhas.v9i1.15209

Chong, F. H. L. (2021). Enhancing trust through digital Islamic finance and blockchain technology. Qualitative Research in Financial Markets, 13(3), 328–341. https://doi.org/10.1108/QRFM-05-2020-0076

Dubinina, V. (2020). The structure of hermeneutic experience. Grani, 23(3), 57–63. https://doi.org/10.15421/172025

Erni, & Abdul Matin Bin Salman. (2024). Principles of Honesty in Business according to the Qur’an (Case Study of Cocoa Seed Traders in Cendana Village). Al-Arfa: Journal of Sharia, Islamic Economics and Law, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.61166/arfa.v2i1.36

Fabrori, F. M. (2023). Interperasi Kata Qātilū dalam Q.S. Al-Taubah (9): 29 Studi Analisis Kajian Ma‘nā cum Maghzā Sahiron Syamsuddin. REVELATIA Jurnal Ilmu Al-Qur`an Dan Tafsir, 4(1), 67–82. https://doi.org/10.19105/revelatia.v4i1.8208

Fadilah, A. (2019). Ma’na-Cum-Maghza Sebagai Pendekatan Kontekstual dalam Perkembangan Wacana Hermeneutika Alquran di Indonesia. Journal of Qur’an and Hadith Studies, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.15408/quhas.v8i1.13383

Fuyarchuk, A. (2021). Gadamer – Cheng: Conversations in hermeneutics. Journal of Chinese Philosophy, 48(3), 245–249. https://doi.org/10.1163/15406253-12340023

Hamzah, G., & Syamsudin, S. (2022). Restorative Justice dalam Ayat Pidana Pembunuhan Pendekatan Hermeneutika Ma’nā-Cum-Magzā. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(2), 287–300. https://doi.org/10.18784/smart.v8i2.1678

Haruna, S. L. (2024). Contemporary Approaches to Qur’anic Hermeneutics. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 8(2), 314–318. https://doi.org/10.23887/jppsh.v8i2.83869

Hidayat, M. S., Sujianto, A. E., & Asiyah, B. N. (2023). Mengkaji Sistem Keuangan Berbasis Teknologi Blockchain dalam Ekonomi Moneter Islam. MUQADDIMAH: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 1(3), 305–323. https://doi.org/10.59246/muqaddimah.v1i3.381

Hidayatulloh, T. (2024). Navigating Contemporary Islamic Reason: An Epistemological Analysis of Mohammed Arkoun. Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 1. https://doi.org/10.22373/jpi.v4i1.23080

Hisyam, A. M. A. M. bin. (1995). Mukhtaṣār Sīrah Ibn Hisyām. Beirut: Dar al-Fikr.

Hovey, R. B., Vigouroux, M., Noushi, N., Pavate, V., & Amja, K. (2022). Applied Philosophical Hermeneutic Research: the unmethod. International Journal of Qualitative Methods, 21. https://doi.org/10.1177/16094069221101237

Iqbal, Z., & Mirakhor, A. (1999). Progress and challenges of Islamic banking. Thunderbird International Business Review, 41(4–5), 381–405. https://doi.org/10.1002/tie.4270410406

Julkarnain, M. (2023). Understand The Novel Saturday With Fahter in The Perspective of Schleiermacher’s Hermeneutics. Jurnal Diskursus Islam, 11(1), 59–68. https://doi.org/10.24252/jdi.v11i1.35348

Katsir, I. bin ’Umar bin. (1997). Qasas al-Anbiya (Kisah Para Nabi). Beirut: Dar al-Fikr.

Katsir, I. bin U. bin. (2000a). Tafsir al-Qur’an al-Azim (Jilid 3). Beirut: Dar al-Fikr.

Katsir, I. bin U. bin. (2000b). Tafsir al-Qur’an al-Azim (Tafsir Ibn Kathir) (Jilid 4). Beirut: Dar al-Fikr.

Khozinul Alim. (2022). Revolusi Integritas Pengusaha E-Commerce Indonesia Di Era Society 5.0: Analisis Q.S. Hud Ayat 84-85. At-Tahfidz: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(1), 41–56. https://doi.org/10.53649/at-tahfidz.v4i1.198

Kiflen Mir Rahmatih. (2020). تداعيات التغريب على الدناءة القرآن والتفكيك في خطاب محمد أركون الفكري. Maʿālim Al-Qurʾān Wa Al-Sunnah, 16(2), 163–182. https://doi.org/10.33102/jmqs.v16i2.237

Lorenc, W. (2020). What is hermeneutic philosophy? Dialogue and Universalism, 30(2), 145–158. https://doi.org/10.5840/du202030222

Mannan, M. A. (1991). Islamic Economics: Theory and Practice. Lahore, Pakistan: Kazi Publications Inc.

Manẓūr, M. ibn M. I. (2021a). Lisān al-‘Arab (Jilid 13). Beirut: Dār Ṣādir.

Manẓūr, M. ibn M. I. (2021b). Lisān al-‘Arab (Edisi 12). Beirut: Dār Ṣādir.

Mas’ud, A. S. (2024). Metode Sosio-Historis Abdullah Saeed dalam Penafsiran Ayat Waris: Studi Kritis. Journal of Islamic and Occidental Studies, 2(1), 107–119. https://doi.org/10.21111/jios.v2i1.37

Maududi, S. A. A. (2020). Tafhim-ul-Quran (Volume 2). Lahore: Idara Tarjuman-ul-Quran.

Mufid, A., Massoweang, A. K., Mujizatullah, M., Muslim, A., & Yani, Z. (2023). Rereading Nasr Hamid Abu Zayd’s method of interpreting religious texts. HTS Teologiese Studies / Theological Studies, 79(1). https://doi.org/10.4102/hts.v79i1.8102

Noor, M. F., & Saputra, E. (2024). Hermeneutics in the Interpretation of Qur’an. International Journal of Education, Culture, and Society, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.58578/ijecs.v2i1.2685

Qutb, S. (2003a). Fi Zilal al-Qur’an (Jilid 4). Kairo: Dar al-Shuruq.

Qutb, S. (2003b). Fi Zilal al-Qur’an (Jilid 5). Beirut: Dar al-Shuruq.

Razak, S. H. A. (2020). Zakat and waqf as instrument of Islamic wealth in poverty alleviation and redistribution: Case of Malaysia. International Journal of Sociology and Social Policy, 40(3–4), 249–266. https://doi.org/10.1108/IJSSP-11-2018-0208

Sahiron, S. (2022). Pendekatan Ma’nã-Cum-Maghzã Atas al-Qur’an: Paradigma, Prinsip dan Metode Penafsiran. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Sen, A. (2009). The Idea of Justice. Cambridge, Massachusetts: Harvard University Press.

Shariati, A. (2013). On the Sociology of Islam. Kuala Lumpur: Islamic Book Trust.

Shihab, M. Q. (2009). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al-Qur’an (Jilid 1). Jakarta: Lentera Hati.

Soroush, A. (2000). Reason, Freedom, and Democracy in Islam: Essential Writings of Abdolkarim Soroush. Oxford, UK: Oxford University Press.

Sulaiman, A. (2023). From Textuality To Discursity; The Hermeneutics of Quran Nasr Hamid Abu Zayd. Sophist : Jurnal Sosial Politik Kajian Islam Dan Tafsir, 5(2), 304–327. https://doi.org/10.20414/sophist.v5i2.96

Syafi’i, M. R. (2024). Corak Pemikiran Hermeneutika Al-Qur’an Prof. Sahiron Syamsuddin. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(5), 45–54. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i5.509

Syar’i, M. (2022). Mohammed Arkoun’s Thought on Sharia Deconstruction: A Historical and Anthropological Approach. Mazahib Jurnal Pemikiran Hukum Islam, 21(2), 291–314. https://doi.org/10.21093/mj.v21i2.5131

Umair, M., & Said, H. A. (2023). Fazlur Rahman dan Teori Double Movement: Definisi dan Aplikasi. Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 2(1), 71–81. https://doi.org/10.58363/alfahmu.v2i1.26

Vladimirovich, A. M. (2020). Hermeneutics, Linguistics of the Text and Extraction of Information, Relevant for the Reader, From the Poetic Text. Issledovatel’skiy Zhurnal Russkogo Yazyka i Literatury, 8(2), 213–230. https://doi.org/10.29252/iarll.16.213

Zakiah, A. R. S. (2023). Interpretasi Kontekstual Makna Qawwām Dalam Al-Qur’an QS. An-Nisa’ 34; Aplikasi Hermeneutika Abdullah Saeed. Al-Qudwah, 1(2), 129. https://doi.org/10.24014/alqudwah.v1i2.22972




DOI: https://doi.org/10.30596/aghniya.v7i1.23083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

StatCounter - Free Web Tracker and Counter

Flag Counter

Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam

Faculty of Islamic Religion,Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Address: Kampus Utama Jl. Kapten Muchtar Basri No.3, Glugur Darat II,Medan Sumatera Utara-20238.

E-mail: aghniya@umsu.ac.id