Bermain Aktif dalam Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Binayatul

Ahmad Syukri Sitorus, Suri Rahmadhani, Achnes Oktavia Rambe, Hafizah Herdini, Liza Robiatul

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk melihat perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di RA Binayatul Insan terhadap bermain aktif. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam, pengamatan, dan studi dokumentasi. Dalam menganalisis data penelitian ini dapat diketahui bahwasannya lingkungan sekolah dan keluarga mempunyai peran yang sangat penting  dalam proses perkembangan anak salah satunya yaitu melalui kegiatan bermain aktif terutama dalam menyediakan atau menfasilitasi semua keperluan anak pada saat kegiatan bermain berlangsung.


Full Text:

PDF

References


Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily learning flow of inclusive education for early childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 132-141.

McKibben, B. (1992). The age of missing information. New York: Random House. (Buku satu penulis).

Jf, N. Z. (2021). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATKAN KINERJA GURU DAN PARTISIPASI ORANGTUA TERHADAP PELAKSANAAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN ANAK PADA MASA PANDEMI COVID-19. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 92–109. https://journal.yaspim.org/index.php/pendalas/article/view/65

Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA ANAK USIA DINI. 2(1). https://doi.org/doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312

Larson, G. W., Ellis, D. C.,& Rivers, P. C. (1984). Essentials of chemical dependency counseling. New York: Columbia University Press. (Buku banyak penulis)

Cobb, P. & Gravemeijer, K. (2006). Design Research from a Learning Design Perspective. Dalam Akker, Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N.

(Eds.), Educational Design Research (hal 17-51). New York: Routledge. (Buku kumpulan penulis)

Nahdi, K. (2009). Pola Pelibatan Wanita dalam Kelompok Masyarakat Program Inpres Desa Tertinggal (POKMAS IDT) di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal EducatiO, IV (1): 1-15.(Artikel dalam jurnal)

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education for Indonesian Student Teachers. Disertasi tidak dipublikasikan, Enschede, University of Twente. (Skripsi/tesis/ disertasi/ laporan penelitian)

OECD. (2010). PISA Results: What Makes a School Successful? Diakses pada 26 Maret 2012, dari http://www.oecd.org/dataoecd/11/16/48852721.pdf. (Internet)

Dockett, etc. (2007). Creative Curriculum for Pre-School 4th Edition. Washington DC : Teaching Strategies.

Hurlock, Elizabeth, B, (1993). Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga.

Anggani, Sudono (2003). Bermain Sebagai Sarana Utama Dalam Perkembangan dan Belajar Anak (Anak Usia Dini). Jakarta : Gramedia.

Solehudin, M. (2010). Bermain merupakan Sarana yang Unik dan Alami bagi Perkembangan dan Belajar Anak. Jurnal Pendidikan.

Musnizar, Safari. (2017). Bermain Sebagai Belajar Dalam Membantu Proses Perkembangan Anak. Jurnal Ilmiah Pendidkan Anak (JIPA), II (2) : 1-22 (Artikel Dalam Jurnal)

Wiyanto, Euriska Sulistyaningtyas, (2006). Efektivitas Bermain Aktif (Cooperative Play) dan Pasif Dalam Menumbuhkan Sikap Sosial Yang Positif Pada Anak Usia Sekolah, dari https://repository.usd.ac.id pdf Artikel dalam Jurnal

NI Kadek Indra Yanti, (2014). Pengaruh Permainan Aktif Kreativitas Pada Penggunaan Konsep Matematika Awal. Jurnal Pendidikan anak usia dini.

Nurani, Yuliani, (2020). Kurikulum Bermain Aktif. Jakarta: PT. Indeks.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i1.14975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id