Kecerdasan Kinestetik Pada Anak Usia Dini Rentang Usia 5-6 Tahun

Ike Oktanira

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan studi kepustakaan. Metode ini mencari data dengan menelusuri kajian literasi sesuai dengan tujuan penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kecerdasan kinestetik adalah kemahiran dalam mengendalikan tubuh untuk mengekspresikan pikiran, perasaan, dan keterampilan tangan dan kaki. Kecerdasan kinestetik berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak terutama dalam mengembangkan keterampilan gerak dasar lokomotor dan nonlokomotor. Tujuan mengembangkan kecerdasan kinestetik sejak dini adalah untuk meningkatkan kesehatan, fondasi untuk gaya hidup sehat, membangun percaya diri serta kemampuan sosial, dan mengembangkan psikomotorik anak

Full Text:

PDF

References


Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily learning flow of inclusive education for early childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 132-141

Gerdner, H. (2013). Multiple Intelligences. Daras Books.

Jf, N. Z., & Azmi, K. (2022). STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA ANAK

USIA DINI. Buhuts Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Dan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10.

https://doi.org/10.24952/alathfal.v2i1.5312

Khadijah, & Jf, N. Z. (2022). Perkembangan Emosi Anak Usia Dini. Perdana Publishing. Lwin, M. (2008). Cara Mengembangkan Berbagai Komponen Kecerdasan. PT Indeks.

Mestika, Z. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan (Cet. 3). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mini, R. (2010). Panduan Mengenal dan Mengasah Kecerdasan Majemuk Anak. Indocam Prima.

Mulyasa, H. E. (2012). Manajemen PAUD. Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Restu, Y. (2015). Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Melalui Pembelajaran Gerak Dasar Tari Minang. Jurnal Pendidikan Usia Dini (Online), 9(2), 1–10.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Litera Prenada Media Group.

Soefandi, I., & Pramudya, A. (2014). Stategi Mengembangkan Potensi Kecerdasan Anak. Bee Media Putaka.

Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana Prenada Media.

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263

Yaumi, M., & Ibrahim, N. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Kencana Prenada Media Grop.

Yusvarira. (2012). Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Melalui Tari Ke Sawah

Di Taman Kanak-Kanak Toyibah Talawi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 10–20.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i1.15053

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id