Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat: Strategi Guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Nangka Binjai

Wan Azura Asyifa, Widya Masyitah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui strategi guru dalam mengajarkan Perilaku hidup bersih dan sehat pada anak di TK Aisiyah Bustanul Athfal Nangka Binjai. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah  guru di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Nangka Binjai. Wawancara, dokumentasi dan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian yang peneliti lakukan, penerapan yang dilakukan oleh pendidik dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini dengan cara melakukan pembiasaan, teori, praktik dan biasanya juga menggunakan buku ilustrasi. Diharapkan bahwa sekolah agar fasilitas di sekolah sebaiknya lebih di perbanyak juga sarana prasana sebaiknya di perbaharui dan kerja sama guru dan orangtua sangat di perlukan bagi proses pendidikan siswa.


Keywords


siswa, perilaku hidup bersih dan sehat, strategi

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Hasrian Rudi Setiawan, W. M. (2019). PENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP RAHMAT ISLAMIYAH MEDAN. Al-Hadi, 4.

Jf, N. Z., & Sukiman. (2020). Pengembangan Media Flipchart Tema Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalistik Anak di TK IT Zia Salsabila Medan. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 88–109. https://doi.org/10.24235/awlady.v6i1.5880 0CITATIONS0 total citations on Dimensions.

Lafiyati. (2014). Upaya Meningkatkan Pembiasaan Perilaku Hidup Sehat Dengan Metode Role Play Pada Kelompok A RA MUSLIMAT NU Jogomulyo I TEMPURAN MAGELANG. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lubis, F. G., Putri, A. D., Irvan, R. A., & Jf, N. Z. (2022). PROFESIONAL TEACHERS AS COMMUNICATIONS AND LEARNING FACILITATORS FOR STUDENTS. 1(1), 34–38.

Putri, R. M., Rosdiana, Y., & Nisa, A. C. (2019). Application of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) From The Household Knowledge and Attitude Study. Journal Of Nursing Practice, 3(1), 34–49.

Rahimah, & Sukiman. (2020). Parenting Patterns and Their Implications for the Development of Early Childhood Social Attitudes. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 135–146. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-athfal.2020.62-04.

RI, K. K. (2011). PEDOMAN PEMBINAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS). Kementerian Kesehatan RI.

Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R,&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i1.15593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id