Program Pelibatan Orang Tua Dan Masyarakat Dalam Upaya Pembentukan Moralitas Anak Di Paud

Jil Carissa Pangumbanan Hasibuan, Suci Agustina NS, Fatayatul Insania, Maya Sari

Abstract


Memiliki anak yang memiliki moralitas yang baik adalah keinginan setiap orangtua.Perkembangan moral anak harus menjadi perhatian setiap orang tua. Semua orangtua memiliki peran penting dalam membangun moralitas yang baik kepada anak-anaknya. Anak sebagai peniru yang baik akan melalukan apa yang mereka lihat, sehingga orangtua dalam hal ini perlu menjadi panutan yang baik bagi anak. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan seorang anak agar dapat membedakan yang benar maupun salah, sehingga anak dapat berperilaku dengan baik. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui program perlibatan orangtua dan masyarakat dalam upaya pembentukan moralitas anak di PAUD. Adapun metode yang digunakan yaitu metode  penelitian kualitatif deskriptif, yang mana teknik dan analisis data diperoleh dari   observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Proses perkembangan moral pada diri anak akan berpengaruh terhadap perilaku atau sikap yang diaktualisasikan olehnya kepada orangtua maupun terhadap sesamanya. Selain keluarga yang dilibatkan, harapanya potensi masyarakat sekitar juga dapat dimanfaatkan demi tercapainya tujuan pendidikan anak. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh orangtua untuk membangun kerjasama dengan pihak sekolah dalam membangun kolaborasi dalam pendidikan anak. Bentuk keterlibatan orangtua berupa kolaborasi dengan masyarakat merupakan wujud integrasi trisentra pendidikan. Ada sejumlah inisiatif program kerja yang dapat mendudkung pertukaran komunikasi antara sekolah dan keluarga, antara lain: a) menciptakan pusat keluar, b) membuat papan bulletin keluarga, c) mengadakan rapat atau pertemuan antara guru dan keluarga, d) melibatkan media cetak, e) membuat website, d) menciptakan program kegiatan- kegiatan.


Keywords


Moralitas, Perlibatan Orangtua, Perlibatan Masyarakat, PAUD.

Full Text:

PDF

References


Abderrahmane Benlahcene, R. B. Z. (2018). A Study on Moral Reasoning among Managers of the Stateowned Companies in Algeria. International Journal of Academic Research in Economics and Management Sciences, 7(3), 89–100.

Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily learning flow of inclusive education for early childhood. Utopia Y Praxis Latinoamericana, 24(6), 132-141.

Ashfi, P. (2016). Status Ibu dan Pengaruhnya dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah. Jurnal Ilmiah Psikologi, 1.

C.J.Dunst, M. Espe-Sherwind., &M. . B. (2014). Family Capacity-Building in Early Childhood Intervention - ERIC. Meta-Analysis of Studies of Parent Involvement in Early Intervention, 1–12.

Diadha, R. (2015). KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK. 2, 61. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i1.161

H, S. L. . dan A. (2019). Pengembangan Nilai Agama Dan Moral Melalui Metode Bercerita Pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dni, 4, 85–96. https://doi.org/http://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08

Hadis, F. A. (1999). Hakikat Perkembangan Moralitas Anak Usia Dini. In pustaka.ut.ac.id › lib › PAUD410202-M1 (p. 75).

Inawati, A. (2017). Strategi Pengembangan Moral dan Nilai Agama Untuk Anak. Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 3, 1.

J.Javarof. (2015). Factors Affecting Parental Involvement in Education : The Analysis of Literature. Khazar Journal of Humanities and Social Sciences, 4, 18.

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam, 8. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah (Jakarta:kemendikbud. (ed.)). Jakarta:kemendikbud.

Khamidun, P. dan. (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Moral Pada Anak Usia Dini. Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):1-1Al-Athfaal Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3. https://doi.org/:10.24042/ajipaud.v3i1.6500

Krismanda, M. A. (2017). Pengembangan Model Kemitraan Sekolah Dengan Orang Tua Melalui Media Sosial Dalam Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di Sekolah Menengah Swasta. Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(:10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p146-160), 146–160.

Maharani, L. (2014). Perkembangan Moral Pada Anak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/kons.v1i2.1483

Nasution, M., & Sitepu, J. M. (2018). Penerapan Pola Asuh Yang Tepat Di Lingkungan X Kelurahan Suka Maju Kecamatan Medan Johor. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2).

Ningsih, E. O. (2018). Pengembangan Program Perlibatan Orang Tua Dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care & Education, 1, 1–15.

Nurjannah. (2018). Perkembangan Nilai Agama Moral (STTPA TERCAPAI). Urnal Nasional. Universitas IslamNegeri Kalijaga Jogja, 1, 2.

Rahimah, R. (2021). Children's Social Emotional Relationship to Digital Parenting. International Journal Reglement & Society (IJRS), 2(2), 119-124.

Rahimah, R., & Koto, I. (2022). Implications of Parenting Patterns in the Development of Early Childhood Social Attitudes. International Journal Reglement & Society (IJRS), 3(2), 129-133.

Rahimah, S. (2020). Parenting Patterns and Their Implications for the Development of Early Childhood Social Attitudes. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 135-146.

Raihana, P. A., & Wulandari, W. (2020). Status Ibu dan Pengaruhnya dalam Kecerdasan Moral Anak Pra-Sekolah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3.

Rakimahwati, R. (2012). Upaya Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Usia Dini Melalui Mendongeng di TK Dharmawanita. Ilmiaj Visi 7, 1.

Rihatni, Yufiarti, N. (2017). PENGEMBANGAN MODEL KEMITRAAN SEKOLAH DAN ORANGTUA PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11, 1.

Setiawan, H. R., & Masitah, W. (2017). Pengaruh Konsep Diri, Minat Dan Inteligensi Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 9(2), 20-34.

Sulasmi, E., & Akrim, A. (2019). Management construction of inclusion education in primary school. Kumpulan Makalah, Jurnal Dosen, 1(1).

ZAENAB, Z. (n.d.). PENGARUH PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP KECERDASAN NATURALIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DARUSSALAM NW PUNGKANG AIKMEL LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN.




DOI: https://doi.org/10.30596/al-hanif.v3i1.15952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

 

Al-Hanif (Jurnal Pendidikan Anak dan Parenting)

Alamat Redaksi:  Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jl. Kapten Mucktar Basri No.3 Medan

Situs web:  http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/ALHANIF/index

Email:  alhanif@umsu.ac.id